Artikel, Bisnis Online, Tips And Trik, Tutorial, Wordpress

Apa itu SEO ? dan Apa itu SEO Specialist ? Intip Yuk

Apa itu SEO ? dan Apa itu SEO Specialist ? Intip Yuk – Jika kamu pernah mencari sebauh artikel melalui pencarian dengan mesin pencari seperti Google. Kamu akan melihat beberapa daftar website yang relavan dengan pencarian kamu.

Mesin pencari sendiri akan mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan dengan acak, namun berdasarkan tingkat relevansi dan juga kualitas website tersebut.

Ada banyak sekali faktor yang bisa digunakan oleh mesin pencari dan menentukan kedua faktor tersebut . Yuk, kita simak di bawah ini.

Apa itu SEO ? dan Apa itu SEO Specialist ?

SEO atau bisa disebut dengan Search Engine Optimization merupakan kegiatan mengoptimakan sebuah website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat di halaman mesin pencari dengan hasil yang relavansi.

Mesin pencari juga menggunakan algoritma tersendiri untuk mengurutkan sebuah website berdasarkan rangking dengan beberapa faktor seperti On – Page dan Of – Page .

Jika sudah dapat mempraktekkan SEO pada websitemu sendiri, berarti kamu sudah bisa menyesuaikan website kamu agar bersahabat dengan algoritma mesin pencari.

Baca Juga : Tutorial Cara Daftar Paypal Dengan Bank BNI Indonesia

Mengapa SEO sangat dibutuhkan untuk sebuah website ?

Semenjak adanya mesin pencari seperti Google ini, banyak orang mencari informasi secara daring melalui search engine tersebut.

Dari hasil data yang dipublikasikan oleh Google sendiri, website yang bisa menempati peringkat halaman pertama sampai dengan ketiga mendapatkan hasil total klik sebesar lebih dari 50 % di antaranya.

Sedangkan untuk peringkat pertama di halaman awal sendiri akan mendapatkan berkisar lebih dari 20%.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa SEO itu sangat penting untuk sebuah website kamu, dengan sentuhan SEO kamu dapat mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu klik pengunjung per hari-nya.

Bahkan lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari adalah orang yang rakus akan informasi dan juga ingin membeli produkd dengan mudah.

Jika kalian memiliki sebuah bisnis online, pasti pengunjung dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi terbesar.

Jika di artikan dengan penjelasan di atas, SEO adalah bagian dari inbound marketing dan sebuah teknik marketing modern di era modern digital sekarang.

Pemasaran inbound sendiri, yang termasuk SEO merupakan jenis metode marketing yang menguras biaya sedikit dibandingkan teknik pemasaran tradisional lainnya.

Baca Juga : Pengen Jadi Droshipper di Lazada ? Inilah Cara Menjadi Dropship Di Lazada

Bagaimana dengan Konsep dasar SEO Sendiri ?

Google dan mesin pencari lainnya adalah sebuah jenis produk. Mereka ingin orang lain puas dengan menggunakan layanan mereka sendiri.

Pengguna internet pasti menginginkan supaya website terbaik-lah yang relevan dengan hasil pencarian muncul di halaman pertama google.

Sebab mesin pencari ingin menampilkan hasil yang terbaik untuk setiap kata kunci atau keyword yang dimasukkan oleh pengguna-nya.
Pada inti-nya SEO merupakan menjadikan website kamu yang terbaik untuk kata kunci yang kamu inginkan.

  • Konten yang disajikan
  • Struktur dan juga Navigasi
  • Kepuasan konsumen ( UX )
  • Kepopularitas

.
Apakah bisa website sukses tidak menggunakan SEO ?

Jawabannya “ Ya “. Jika kamu memperhatikan konsep dasar SEO di atas, kamu sebenarnya tidak harus bingung memikirkan SEO itu Apa ? . Tidak jarang orang yang memiliki website yang begitu populer tanpa mengerti SEO itu sendiri, Lho.

Ini sebabnya mesin pencari sekarang sudah pandai dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas sebuah website.

SEO sekarang dalam prakteknya lebih dominan sebagai usaha di bidang marketing daripada di bidang teknikal.

Namun, ada kemungkinan terselubung website kamu masih butuh sedikit sentuhan usaha dari kamu untuk agar bisa berhasil. Selain itu dengan mengetahui teknik marketing SEO kamu mengerti bagaimana membuat website yang sukses dan optimal.

Baca Juga :  10 Framework Library yang Harus di Ketahui oleh Front End Developer Web

Siapakah yang perlu SEO ? Saya Sendiri ?

Banyak sekali orang atau perusahaan yang menawarkan jasa SEO tersebut, tetapi sebenarnya SEO juga dapat kamu lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa tersebut.

Dengan begitu berbagai panduan SEO yang sudah disediakan secara percuma di internet, kamu dapat belajar secara otomatis dan mempratekkannya sendiri.

Kamu dapat menghemat jutaan rupiah dengan melakukan optimasi dengan sendirinya.

Untuk sebuah website yang sifatnya berupa informasi yang memiliki struktur sederhana, ada kemungkinan besar tidak harus menggunakan sebuah jasa SEO dan hanya mengandalkan panduan SEO di website secara percuma.

Namun, jika website kamu mempunyai struktur yang agak rumit seperti toko online atau juga web app, kemungkinan besar kamu membutuhkan jasa SEO untuk menyederhanakan struktur agar ramah terhadap mesin pencari atau biasa disebut SEO Friendly.

Apa itu SEO Specialist ?

SEO Specialist memiliki tugas untuk melakukan mengoptimalkan sebuah website dan membantu meningkatkan kemampuan website untuk tampil di halaman pertama dari hasil pencarian organic pengunjung.

Baca Juga : Trik Ampuh Cara Mengatasi Pembatasan Iklan pada Adsense

Apa saja Pekerjaan SEO Specialist ?

  • Mencari dan membuat konten yang menarik
  • Mengevaluasi SEO yang telah dilakukan dan menyiapkan laporannya
  • Membuat dan memposting blog terkait dengan komunitas online
  • Membuat strategi marketing melalui SEO serta menganalisis strategi SEO pesaing
  • Mencari kata kunci atau keyword yang cost effective atau Pengefisien Harga dan mengoptimalkannya
  • Mengembangkan outbound dan juga inbound link
  • Menjalankan kampanye Pay Per Click ( PPC )
  • Melakukan Optimalisasi Off page
  • Bekerja sama dengan Designer, Copy Writer, Sales dan juga Programmer
  • Menjalankan kampanye sesuai anggaran yang diberikan Atasan

Jadi, Apa saja yang harus saya pelajari untuk menjadi SEO Specialist ?

Ada beberapa komponen utama dalam SEO yang perlu di pelajari SEO Specialist, komponen inilah yang akan menentukan seberapa baik atau buruknya website kamu secara SEO di mata Google.

  • Komponen tersebut yang menentukan urutan peringkat di mata hasil pencarian search engine atau lebih simplenya SEO.
  • Mengoptimasi sebuah halaman website kamu
  • Melakukan Riset Kata Kunci ( Keyword Research )
  • Menganalisis SEO kompetisi
  • Membuat konten yang teroptimalkan SEO
  • Membangun sebuah kepopularitas, link, dan juga reputasi
  • Melakukan Audit terhadap performa SEO website

Baca Juga : 10 Aplikasi Code Editor di Android untuk Ngoding

Kesimpulan

Dan itulah artikel mengenai Apa itu SEO dan SEO Specialist. SEO itu unik dan juga algoritmanya sendiri dari mesin pencari seperti google. Dan saya tulis artikel ini menurut pendapat saya dan juga referansi dari internet beserta pengalaman saya sendiri walaupun tidak sepenuhnya.

Semoga artikel bermanfaat dan jangan lupa untuk memberikan komentar serta sarannya di kolom komentar di bawah ini, Terimakasih.