Adsense, Artikel, Bisnis Online, Tips And Trik, Tutorial, Wordpress

Cara Daftar Google Adsense Blogger dan WordPress Terbaru

Cara Daftar Google Adsense Blogger dan WordPress Terbaru – Banyak orang yang ingin mendapatkan uang dengan membagikan kisah pribadi mereka denagn cara menulis artikel. Dan juga bagi kebanyakan pengguna pemula mengetahui cara menghasilkan uang dari blog dengan mengikuti program iklan milik google yaitu Google AdSense.

Memang AdSense adalah faktor pendorong awal saya untuk memulai blogging dan sampai sekarang. Di artikel kali ini saya akan memberikan tutrorial lengkap mengenai bagaimana cara daftar Google AdSense di blogger dan wordpress serta akan saya jelaskan secara detail untuk memudahkan kalian.

Sebelum saya memulai tutorial kali ini, kalian harus paham dulu mengenai adsense.

Baca Juga : Tutorial Cara Monetisasi Fanspage Facebook dengan Mudah

Cara Daftar Google Adsense Terbaru

Google AdSense merupakan program periklanan yang dimiliki oleh Google yang bisa meraup para blogger maupun para YouTuber untuk menghasilkan uang dengan cara memasang iklan dari program AdSense di website maupun video kalian.

Iklan yang biasa ditampilkan oleh AdSense ini berupa gambar, video, text maupun animasi. Para pengguna blogger hanya mencopy kode dan dipasangkan di website mereka serta konten iklan yang akan ditampilkan akan relevan dengan menyesuaikan niche blog mereka masing – masing.

Syarat – Syarat Mendaftar Google AdSense

Sebelum kalian melakukan pendaftaran ke AdSense, Ada beberapa persyaratan yang perlu kalian penuhi seperti di bawah ini :

  • Memiliki Website
  • Kalian perlu usia di atas 18 tahun, bila usia kalian masih dibawah umur maka kalian dapat menggunakan data keluarga kalian yang sudah berusia 18 tahun ke atas.
  • Memiliki Gmail atau Email Google

Kalian masih bingung kenapa pengguna adsense harus berusia 18+ ?. Karena hal ini akan berhubungan dengan pembayaran dan kesahan data kalian. Data dapat dipertanggung jawabkan karena pada usia tersebut kalian mulai memiliki SIM atau KTP.

Panduan Lengkap Daftar Google AdSense

Pendaftaran AdSense memang mudah, tetapi proses persetujuan dapat menyita waktu yang cukup lama. Hal tersebut dilakukan oleh Google sendiri dengan alasan agar menjaga kualitas AdSense sendiri dan para publisher yang sudah mendaftar pada program AdSense, guys.

Tak hanya itu, Google juga menerapkan persyaratan yang ketat bagi para penggiat adsense dan memastikan bahwa website yang didaftarkan memiliki kualitas bagus dan memenuhi persyaratan untuk menjalankan program AdSense.

Baca Juga : Cara Setting WordPress SEO by Yoast Terbaru

Tahapan – tahapan untuk Membuat Akun AdSense :

Langkah Pertama : Mengunjungi website Google AdSense

Kunjungi website Google AdSense klik disini. Setelah itu, klik tombol “ Sign Up ” untuk mendaftaran akun kalian ke AdSense. Jangan lupa, kalian harus memiliki akun google.

Langkah Kedua : Memasukan URL website

Berikutnya kalian diperlukan untuk membuat akun AdSense untuk website kalian dengan memasukkan alamat website kalian. Masukan URL website yang kalian gunakan , dan jangan lupa untuk tidak memakai “ http:// ”. tetapi “ www “.

Langkah Ketiga : Opsi Notifikasi Adsense

Disini dua pilihan untuk mengaktifkan saran informasi dari AdSense “ Get out more of AdSense ”, biasanya informasi ini menyediakan saran dari AdSense untuk mengoptimalkan iklan kalian sehingga mendapatkan hasil yang cukup relavan dan memberikan informasi yang akan dikirimkan melalui pada akun AdSense kalian, guys.

Bila kalian menyetujui maka klik “ Yes, send me customized help and performance suggestions ” atau bila tidak klik “ No, don’t send me customized help and performance suggestions ”.

Langkah Keempat : Menyetujui dan Memulai Adsense

Berikutnya kalian perlu memilih negara, yaitu “ Indonesia ”. Dan pastikan kalian untuk mencentang ketentuan dan pedoman perjanjian AdSense, setelah itu, klik tombol “ Get Started ”.

Setelah proses diatas, Anda akan langsung dibawa ke bagian halaman akun AdSense Anda dan akan muncul beberapa popup, langsung saja klik tombol “Get Started”.

Langkah Kelima : Mengisi Metode Pembayaran

Selanjutnya kalian akan dibawa ke tahapan dimana kalian akan mengisi informasi tentang “Payment Address Detail”. Di bagian tersebut cobalah untuk jangan salah dan sesuaikan dengan KTP kalian. Sebab ini akan berhubungan saat mencairkan uang dari AdSense, guys.

Berikutnya, pilih “ Account Type “ dengan “ Individual ” bila kalian blogger biasa dan untuk “ Business ” bila website kalian adalah website bisnis yang besar seperti website berita tribun atau kumparan.

Lalu, masukkan bio data diri kalian. Dan setelah itu, klik “Submit”.

Dan kalian perlu melakukan verifikasi nomor HP kalian dengan pilihan dikirimkan lewat sms atau panggilan telepon. Silahkan pilih “ Text Message ” dan “ Sent Verification Code ”, guys.

Tunggu sesaat maka Google akan mengirimkan pesan ke HP kalian. Bila kalian sudah mendapatkannya, silahkan masukkan kode tersebut pada verifikasi kode tersebut. Bila sudah memasukannya, silahkan klik “ Submit ”.

Langkah Keenam : Memasukan Kode Verifikasi Adsense

Untuk blogger kalian hanya memasukan kode tersebut dengan cara masuk ke blogger.com, setelah di Dashboard > Template > Edit HTML. Lalu kalian masukan kode tersebut di bawah tag < head >, da Save.

Bila kalian memakai WordPress bukalah file header.php dengna cara buka Menu Appearance » Editor dan cari file header.php di bagian samping kanan, bila sudah ketemu silahkan cari tag tempelkan kode AdSese setelah tag tersebut.

Bila sudah kalian tempelkan pada header kalian, centang pilihan “ I’ve pasted the code into my site ” dan klik “ Done ”.

Proses pendaftaran AdSense kalian sekarang sudah selesai, Berikutnya Google Adsense akan melakukan peninjauan pada website kalian dan biasanya akan memakan waktu kurang lebih 3 hari.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Domain Authority Pada Website ( DA )

Catatan :

Bila kalian diterima oleh AdSense maka kalian akan melihat iklan AdSense muncul di website blog kalian dan jika tidak ada maka kalian akan menerima email pemberitahuan dari AdSense yang berisi alasan kenapa website kalian di tolak dan memberikan kesalahan untuk diperbaiki.

Pin Google AdSense

Jika kalian sudah mendaftar ke AdSense, dan iklan pada website kalian sudah terlihta maka yang harus kalian lakukan adalah memasang iklan AdSense pada posisi yang kalian tentukan.

Bila iklan sudah terpasang di website kalian. Silahkan untuk melanjutkan aktivitas ngeblog seperti membuat konten yang berkualitas sekaligus bermanfaat dengan menunggu penghasilan AdSense mencapai 10 dollar atau 150 ribu, bila kalian sudah mencapai 150 ribu maka AdSense akan mengirimkan Pin AdSense ke alamat yang sesuai dengan akun kalian isikan saat mengisi bio pendaftaran dan pembayaran.

Pin tersebut bermanfaat untuk memverifikasi akun AdSense kalian hingga benar – benar sepenuhnya Valid atau berhasil. Pin dikirim biasanya akan menyita waktu selama 1 sampai 2 bulan untuk sampai di tempat kalian atau kalian bisa mendatangi ke tempat pos, hal tersebut tergantung pada lokasi kalian masing – masing, guys.

Baca Juga : Cara Install Adobe Photoshop yang Baik dan Benar

Jika Pin Adsense sudah di terima oleh kalian, maka agar mendapat gaji dari AdSense, kalian harus menyelesaikan dua tahap dulu, guys :

Mengirimkan informasi pajak kalian

Memasukkan PIN Adsense kalian

Kalian perlu mengirimkan formulir pajak yang khusus untuk kalian menjalankan sebuah bisnis. Untuk sertifikat kegiatan tanpa A.S atau Amerika Serikat, dan untuk penerbit AdSense Indonesia, kalian harus mengisi informasi pajak seperti berikut :

Langkah pertama, Login ke akun Google AdSense kalian.

Lalu, Pilih “ My Account “ dan pilih “ Tax Information “

Di Kotak sebelah kanan, terdapat tulisan “Are you a U.S. citizen, U.S. resident alien, U.S. corporation, or a U.S. partnership? ”, pilih saja “ No ” dan tekan tombol “ Continue ”, guys.

Selanjutnya kalian akan mendapatkan pertanyaan lagi seperti “ Do you own equipment in the U.S related to your partcipation in AdSense ? ” dan tekan saja “ Continue ”.

Yang terakhir, kalian akan disuruh untuk memasukkan Nama Lengkap kalian di halaman “ Certification Of No U.S Activities ”. Janagn lupa nama yang kalian masukkan sesuai dengan nama yang digunakan pada Akun AdSense kalian. Klik saja “ Submit ”.

Tambahan untuk Pembayaran Adsense

Ada hal yang paling penting kalian tunggu dan tentu saja yaitu pembayaran dari hasil AdSense yang kalian hasilkan. Kalian akan mulai bisa menerima pembayaran saat akun AdSense kalian sudah mendapatkan penghasilan mencapai minimum $100 atau Rp. 1.500.000, tetapi kalian juga dapat menaikkan jumlah nilai minimum bila kalian ingin menaikannya.

Di bagian penerimaan pembayaran sendiri, kalian dapat memilih metode pembayaran seperti Wire Transfer , Check, dan Western Union. Kalian dapat mengatur tersebut pada akun AdSense kalian di bagian Settings » Payments dan lalu pilih “ Manage Payment Method ”.

Saya sangat merekomendasikan bila kalian masih berpenghasilan sedikit dibawah $500 atau Rp. 7.500.000, maka untuk mencairkan uang kalian lewat Western Union, kalian tidak mendapat potongan sama sekali. Terkecuali bila akun AdSense kalian adalah Rupiah atau IDR maka dapat langsung menggunakan metode pembayaran lewat Wire Transfer.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi atau Table Of Content di WordPress ( TOC )

Kesimpulan

Nah, itulah Cara Daftar Google Adsense Blogger dan WordPress Terbaru, dan sekali lagi saya sangat berterimakasih kepada kalian semua yang sudah membaca artikel kali ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan selamat mencoba mendaftar di AdSense, serta website kalian diterima dan segera mendapatkan uang dari iklan milik Google, Terimakasih.