Artikel, Gadget, Tips And Trik, Tutorial

Cara Install Windows 10 Dengan Menggunakan Flashdisk

Cara Install Windows 10 Dengan Menggunakan Flashdisk – Banyak orang yang lebih menyukai menggunakan flashdisk sebagai tempat instalasi daripada menggunakan DVD Drive. Yang menjadi alasannya mungkin karena kebanyakan orang tidak memiliki CD drive atau DVD drive yang mereka miliki rusak dan flashdisk juga lebih mudah.

Untuk melakukan penginstallan windows 10 dengan menggunakan flashdisk, kalian terlebih dahulu perlu menjadikan flashdisk kalian sebagai bootable. Ada banyak jenis aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk menjadikan flashdisk kalian bootable, tetapi program yang sering di pakai oleh orang adalah Rufus.

Penginstallan ini sudah saya lakukan dengan penuh cobaan, dan saya menggunakannya tak pernah ada masalah apapun serta overall pengistallan tersebut bisa diharapkan untuk membuat flashdisk menjadi bootable, guys.

Sebelum itu, jangan lupa untuk mendownload file rufusnya dan siapkan flashdisk berukuran minimal 4GB atau lebih, Kedua, kalian perlu mempunyai file ISO Windows 10 Jenis apapun. Jika tidak mempunyai file ISO Windows 10, kalian dapat download di google.

Baca Juga : 15 Template WordPress untuk Otomotif dan Dealer

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Ok, langsung saja kita mulai langkah – langkah di bawah ini untuk mengistall windows 10 dengan menggunakan flashdisk :

Pertama : Kalian perlu menginstall Rufus terlebih dahulu.

Kedua : Jika kalian sudah menginstall Rufusnya, masukkan flashdisk ke laptop atau PC kalian, lalu buka Rufusnya. Flashdisk kalian akan otomatis terdeteksi oleh rufusnya. Nah setelah itu, klik saja tombol DVD drivenya yang sama dengan penyimpanan flashdisk kalian, guys.

Ketiga : Cari lokasi file ISO windows 10 tersebut, lalu pilih “ Open “. Jangan lupa nama dan filenya berformat ISO bukan jenis yang lain.

Keempat : Jika flashdisk sudah siap dibootable. Kalian dapat mengubah nama flashdisknya bila itu perlu pada “ New Volume Label “. Untuk pengaturan lainnya tidak harus dirubah, biarkan saja default. Lalu pilih “ Start ‘ untuk memulai proses pemindahan file ISO nya ke dalam flashdisk kalian, guys.

Kelima : Kalian akan mendapat notifikasi yang menampilkan, bahwa semua data yang terdapat di dalama flashdisk akan dihapus secara permanen. Jadi pastikan untuk mencadangkan data penting kalian simpan di dalam flashdisk ke flashdisk lainnya. Dan bila sudah, klik “ OK “, guys.

Baca Juga : Cara Pasang Iklan AdSense di Blog WordPress

Keenam : Proses pemindahan file ini akan berlangsung dan menyita waktu beberapa menit saja, kok.

Ketujuh : Jika progress bar sudah berwarna hijau penuh, maka flashdisk kalian sudah siap digunakan untuk meginstall windows 10, guys.
Sekarang media instalasi sudah siap. Langkah berikutnya, kalian akan melakukan setting di BIOS agar booting dilakukan dengan menggunakan flashdisk.

Cara Setting BIOS agar Booting di Flashdisk

Pertama : Pastikan kalian tidak melepaskan atau mencabut flashdisk yang kalian setting di atas. Kemudian, restart laptop atau PC kalian, guys.

Kedua : Selanjutnya, tekan tombol “ DEL “ atau delete untuk masuk ke program BIOS. Tombol paling umum yang dapat kalian gunakan untuk memasuki program BIOS, seperti tombol DEL, F1, F2, F10 atau Fn+F2, itu juga tergantung jenis laptop dan motherboard yang kalian gunakan, guys.

Ketiga : Di sini kalian akan melihat tampilan BIOS yang sederhana dan juga membingungkan bagi pemula. Lalu, arahkan ke tab Boot menggunakan tombol kanan dan kiri, guys.

Baca Juga : Tutorial Cara Install Corel Draw X7 di All Windows

Keempat : Seperti yang kalian lihat pada menu Boot ini bahwa yang berada di urutan paling atas adalah Hard Drive. Dengan kata lain, laptop atau PC kalian akan melakukan booting pertama kali dari “ Hard Disk “ kalian, guys.

Kelima : Agar laptop kalian booting dengan menggunakan flashdisk, maka kalian harus menempatkan Removable Devices ke urutan yang paling atas. Dengan cara mudah yaitu memilih “ Removable Devices “, lalu menggesernya menggunakan tombol “ +/- “ sampai urutannya di paling pertama., guys.

Note :

Biasanya BIOS akan langsung mendeteksi Flashdisk kalian sesuai merk flashdisknya yang kalian pakai, misalnya USB Kingston atau Sandisk bukan nama yang menggunakan Removable Devices, tetapi akan memakai nama USB Flasdisk tersebut, guys.

Keenam : Untuk menyimpan pengaturannya yang telah kalian lakukan, pindah ke bagian tab “ Exit “, dan pilih “ Exit Saving Changes ” lalu pilih “ Yes “. Atau kalian dapat langsung menekan tombol “ F10 “, kemudian pilih “ Yes “.

Ketujuh : Tekan tombol apapun, untuk memulai proses booting.

Kedelapan : Nah, di sini akan muncul tampilan awal instalasi windows 10, kalian disini akan di hadapi pengistallan plus menyetting windows 10 kalian plus mengatur drive kalian sendiri, guys.

Baca Juga : Cara Membuat Instagram Ads Lengkap 2020

Kesimpulan

Nah itulah, Cara Install Windows 10 Dengan Menggunakan Flashdisk, saya cukupkan untuk artikel kali ini. Ada dua langkah yang harus kalian ingat yaitu, menjadikan flashdisk kalian bootable dan mengatur agar booting di lakukan melalui flashdisk. Untuk itu kalian harus lebih teliti.

Bila kalian memiliki pertanyaan mengenai instalasi windows 10 dengan flashdisk ini, langsung saja untuk berkomentar melalui kolom komentar dibawah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini, Terimakasih.