Artikel, Plugin, Tips And Trik, Tutorial, Wordpress

Cara Memasang SSL atau HTTPS di WordPress dan Blogger

Cara Memasang SSL atau HTTPS di WordPress dan Blogger – Salah satu hal yang harus kalian ketahui saat menjalankan sebuah blog adalah visitor memercayakan informasi pribadinya ke blog kalian. Sebab itulah, kalian perlu mengaktifkan sebagai lapisan keamanan standar, guys.

Secure Sockets Layer atau SSL / TLS dan juga Hypertext Transfer Protocol Secure atau HTTPS banyak memainkan peran penting dalam menyediakan keamanan terbaik bagi blog kalian.

Cara Memasang SSL di WordPress dan Blogger

Dan untungnya, cara memasang SSL dan juga mengenforce HTTPS di WordPress dan blogger sangatlah mudah, dan bisa dilakukan hanya dalam beberapa langkah saja, guys.

Apa Itu SSL ?

Secure Sockets Layer atau SSL merupakan teknologi yang memiliki manfaat untuk menciptakan sebuah koneksi yang lebih aman antara stus web dan browser. Situs web yang memasang SSL memiliki “ sertifikat “ sehingga kalian tahu jika informasi pribadi tersimpan dengan aman pada saat transfer berlangsung, guys.

Baca Juga : Cara Daftar Mgid dan Memasang Iklan Mgid Pada Blog

Penting untuk kalian untuk memasang SSL di situs web. Ada banyak sekali manfaat dari pengaktifan SSL, berikut di antaranya :

  • Bila kalian menjalankan sebuah situs web untuk menawarkan suatu produk, jasa atau layanan dan pengunjung perlu mendaftar serta membagikan sebuah informasi pribadi agar bisa mengakses atau bahkan melakukan pembelian, maka semua data yang mereka masukkan dijamin aman dengan adanya sertifikat SSL ini.
  • Banyak orang yang akan percaya pada brand dan situs web kalian.
  • Simbol gembok hijau akan muncul di kolom halaman web berbagai browser pengunjung.
  • Peringkat Search Engine Optimatization atau SEO pada situs web akan meningkat.

Keterkaitan pada poin terakhir, mesin pencari seperti Google mewajibkan semua situs web untuk memiliki SSL. Caranya ialah dengan menampilkan sebuah pernyataan “ Secured “ atau “ Not Secured “ pada semua situs web, guys.

Solusi ini diluncurkan Google untuk memberitahukan bahwa kalian perlu mengamankan informasi pengguna, dan selain itu juga, bisa meningkatkan traffic kalian, LHO.

2 Cara Setting SSL dan HTTPS di WordPress dengan Mudah

Di bagian ini, kita misalkan saja jika kalian sudah menginstall sertifikat SSL ke sebuah situs web. Setelah itu, kalian hanya harus mem-force WordPress agar memuat website dengan prefix HTTPS. Ada dua metode yang bisa kalian terapkan:

Baca Juga : Cara Live Streaming di Youtube dengan Mudah

Gunakanlah Dashboard WordPress dan 301 Redirect

Anggap saja kalian sudah mengetahui cara memasang SSL pada situs web WordPress kalian. Langkah selanjutnya, konfigurasikan situs web kalian untuk menggunakan HTTS. Prosesnya sederhana, apalagi jika kalian membuat sebuah situs web baru.

Tetapi apabila situs web kalian sudah cukup lama online, memasang SSL ke situs web membutuhkan waktu dan juga melalui proses yang lebih kompleks juga, guys.

Pertama, masuk ke dashbord lalu buka “ Settings > General “. Kemudian, kalian akan menemukan dua kolom, yaitu WordPress Address ( URL ) dan Site Address ( URL ). Alamat situs web akan muncul di kedua kolom tersebut serta menggunakan HTTP, guys.

Tindakan yang harus kalian lakukan adalah menggantikan prefix HTTP dengan HTTPS di kedua kolom tersebut, lalu simpan dengan perubahan ke pengaturan.

Mudah sekali bukan ? , Cara mengonfigurasikan WordPress agar meload situs web kalian dengan HTTPS ?. Tetapi, kemungkinan sebagian pengguna ada yang sudah menyimpan URL lama dari website kalian, dan terhubung ke seluruh situs web.

Pastikan para pengguna tersebut merefresh versi HTTPS dari situs web kalian. Caranya adalah dengan membuat redirect pada URL kalian.
Ada banyak tipe redirect yang dapat kalian gunakan.

Tapi, opsi yang paling umum sederhana dan terbaik untuk digunakan adalah 301 redirect. Tipe redirect ini menginformasikan pada mesin pencari bahwa situs web kalian telah berpindah secara permanen dari alamat yang satu ke alamat lainnya.

Untuk mengaktifkan redirect ini, edit file .htaccess yang mengontrol interaksi server kalian dengan WordPress dan juga struktur URL, guys.
Gunakanlah tool File Transfer protocol ( FTP ), seperti FileZilla, untuk langsung membuka file situs web tersebut.

Baca Juga : Cara Daftar Google Search Console atau Webmaster Tool

Setelah kalian sudah terhubung ke situs web via FTP, buka folder public_html dan cari file .htaccess di dalamnya :

File htaccess

Lalu, klik kanan pada file tersebut kemudian pilih opsi “ View/Edit “. File akan terbuka di local text editor kalian. Di sini, kalian dapat membuat beberapa perubahan yang kalian butuhkan.

Jangan ubah terlebih dahulu kode apa pun di dalam file .htaccess kecuali bila kalian paham mengenai coding dan bahasa pemrograman lainnya. Kalian hanya harus scroll ke bawah file, dan tempeljan snippet di bawah ini :

RewriteEngine On RewriteCond %{SERVER_PORT} 80 RewriteRule ^(.*)$ https://www.webkalian.com/$1 [R,L]

Ganti URL www.webkalian.com yang ada dalam kode di atas dengan alamat HTTPS situs web kalian sepenuhnya. Dengan begini, semua koneksi yang datang melalui di port 80 akan dialihkan ke sebuah alamat situs web kalian yang baru.

Note : port 80 merupakan sebuah koneksi standar untuk HTTP yang bertugas untuk menangkap atau catch siapa pun yang mengakses situs web kalian dengan mereloading alamat URL lama.

Setelah kalian menggantikan kode di atas dengan URL yang baru, simpan perubahan ke file .htaccess dan tutup file tersebut. FileZilla akan meminta kalian untuk mengupload berbagai perubahan tersebut ke server kalian.

Kalian hanya perlu menyetujui permintaan hal tersebut. Untuk membuktikan bahwa pengalihan berhasil dilakukan, lalu ketikkan halaman URL lama situs web kalian. Kalian akan lihat jika browser sekarang secara otomatis mengalihkan kalian ke versi terbaru situs web kalian yang sudah terpasang HTTPS.

Baca Juga : Cara Download Video TikTok dengan Mudah dan Gratis

Menginstall Plugin WordPress SSL

Bila kalian memilih utuk tidak langsung menggunakan file WordPress, maka ada cara yang lebih mudah untuk mengenforce penggunaan HTTPS melalui situs web. Misalnya, kalian bisa setup plugin WordPress SSL, yang nantinya menambahkan kode yang sama seperti yang telah saya tunjukkan di metode sebelumnya.

Meskipun cara yang kedua ini lebih mudah, tetap saja ada risikonya. Contohnya seperti, bila terdapat masalah kompatibilitas dengan tool lain, plugin SSL akan berhenti berfungsi dan situs web tidak akan terreload di HTTP sampai kalian akhirnya mengatasi error tersebut. Sebab itulah, kalian perlu berhati – hati dalam memilih plugin apapun, guys.

Cara Pasang SSL di Blogger untuk Custom Domain

Langsung saja kalian ikuti langkah di bawah ini :

Masuk ke akun Blogger kalian kemudian klik opsi “ Draft Blogger “

Berikutnya, masuk ke bagian “ Setelan Dasar “ lalu lihat opsi “ HTTPS “

Di bagian pengalihan HTTPS, pilih “ YA “. Jika masih belum bisa juga, copot dulu custom domainnya lalu pasang lagi. Kemudian set “ Yes “ di https availability dan https redirect.

Selajutnya, tunggu sampai hingga atau lebih 3 menit

Refresh halaman blogger atau cara efektifnya CTRL+R

Dengan begini konfigurasi “ SSL atau HTTPS “ sudah berhasil

Dengan begini cara pasang SSL di Blogger untuk custom domain, kalian tidak harus repot mengeluarkan biaya untuk membeli SSL berbayar di registrar hosting dan domain. Lebih praktis dan hemat biaya yang tentunya.

Baca Juga : Cara Mengekstrak File KGB dengan KGB Archiver

Jangan Lupa Update Google Webmaster

Hal ini harus kalian lakukan agar hasil di mesin pencarian lebih optimal dan juga stabil. Dalam hal tersebut, kalian dapat melakukan “ Fetch as Google “ melalui sitemap atau index ulang melalui Google Search Console.

Misalnya saja, jika sebelumnya alamat yang didaftarkan http://www.webkalian.com, maka pendaftaran yang kedua tersebut daftarkan dengan https://www.webkalian.com.

Periksalah “ Template Blog untuk Mixed Content “

Jika ternyata HTTPS kalian masih berwarna abu, mungkin template blog kalian mempunyai mixed content dan juga itu harus kalian perbaiki supaya HTTPS bisa berwarna hijau.

Pastikan semua URL menggunakan HTTPS dan juga dapat diakses sebagaimana mestinya. JIka kalian sanggup, periksalah URL tersebut satu per satu dengan manual. Walaupun cukup merepotkan, tapi kalian dapat menganalisa dengan lebih baik lagi, guys.

Kesimpulan

Nah itulah, Cara Memasang SSL atau HTTPS di WordPress dan Blogger. Pada awal kemunculannya, sertifikat ini pada berbagai platform untuk sebuah situs web dan lebih dikhususkan lagi pada sebuah situs web bisnis, sebab menyimpan banyak sekali informasi mengenai pengunjung.

Semoga artikel ini memberikan manfaat dan jangan lupa untuk memberikan komentar kalian, Terimakasih.