Artikel, Tutorial, Wordpress

Cara Membuat Blog Di WordPress Biasa dan Self Hosted

Cara Membuat Blog Di WordPress Biasa dan Self Hosted – Membuat blog merupakan salah satu cara yang efisien untuk semua orang memberikan ide atau juga pengetahuan kepada masyarakat umum. Dan ternyata blog juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menghasilkan uang dari internet, guys. Dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak jenis platform blog yang dapat kita gunakan untuk membuat blog secara Cuma- Cuma . Salah satunya yaitu WordPress, guys.

WordPress marupakan sebuah platform yang dapat kalian manfaatkan untuk membuat blog, baik itu blog pribadi, blog portal berita ataupun toko online serbaguna. WordPress juga merupakan software yang sangat populer digunakan oleh masyarakat luas dalam membuat blog, guys.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial cara membuat blog menggunakan WordPress biasa dan self hosted dengan mudah, gratis, dan juga praktis.

Cara Membuat Blog Di WordPress Biasa

Ikutilah langkah – langkah di bawah ini dan simak saja hingga akhir.

Tahap pertama : Bukalah situs WordPress, dengan mengklik atau membuka URL link ini di peramban browser kalian id.wordpress.com

Tahap Kedua : Setelah halaman WordPress sudah terbuka, silahkan masukkan nama alamat web yang kalian inginkan, contonya akucintakamu.wordpress.com. Dan selanjutnya klik tombol “ Buat Situs Web ”, guys.

Tahap Ketiga : Akan muncul tab halaman baru. Di halaman ini, kalian dapat diminta mengisi beberapa kolom, seperti nama pengguna ( untuk login ), password, alamat blog,dan alamat email.

Catatan :

Nama pengguna : Pakailah nama kalian atau variasi nama kalian (contoh : kamu45), ini untuk nama pengguna ketika login ke dashboard WordPress.

Password : Isilah password yang mudah diingat dan kuat serta rumit

Alamat blog : Cek kembali alamat untuk blog kalian, contohnya akusayangkamu.wordpress.com

Alamat email : isi dengan alamat email kalian

Oitss, Jangan lupa klik yang bertuliskan akan menggunakan alamat yang gratis, guys. Setelah semua telah diisi, silahkan klik tombol Buat Blog yang ada di bagian bawah pada form tersebut.

Tahap Selanjutnya

Tahap Keempat : Pihak WordPress akan mengirimkan URL link untuk verifikasi ke email kalian. Bukalah email kalian, carilah email dari wordpress.com lalu klik URL link di dalam email tersebut.

Tahap Kelima : Setelah melakukan verifikasi di atas dengan cara yang disebutkan pada langkah yang keempat di atas tinggal klik URL link verifikasi, nanti akan terbuka tab baru di peramban browser dan kalian akan melihat halaman dashboard WordPress milik kalian.

Tahap Keenam : kalian mungkin juga ingin membuat sebuah logo beserta faviconnya , bukan ? untuk blog yang baru kalian buat. Untuk membantu mendesain logo dan faviconnya, kalian dapat menggunakan Logo Online Maker seperti Logaster. Pergi ke website Logaster lalu kalian dapat membuat Logo keren dan bagus untuk blog baru kalian.

Opsi pengaturan di WordPress ini sampai tahapan kelima di atas sebenarnya kalian sudah punya blog WordPress, guys. Kalian dapat melihat tampilan blog dengan menuliskan nama blog kalian di peramban browser. Mungkin kalian merasa tidak tepat dengan desain default dari WordPress, bukan ?.

Kalian dapat memulai melakukan beberapa pengaturan pada blog WordPress kalian, contohnya membuat judul blog, membuat caption blog atau juga deskripsi pendek, mengganti tema, menginstall widget dan dll. Untuk membuat pengaturan di blog WordPress, kalian dapat melakukannya di dalam dashboard WordPress kalian dengan membuka tombol URL Pengaturan.

Pada opsi pengaturan terdapat beberapa sub kategori pengaturan yang dapat di edit dengan sederhana. Dan yang paling penting pada opsi ini ialah pengaturan umum, menulis, membaca, diskusi.

Cara Membuat Blog di WordPress Self Hosted Dengan Mudah

Untuk membuat blog di WordPress Self Hosting, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

6 Langkah Membuat Blog WordPress dengan Mudah

Tentukan Nama Domain Untuk Blog Kalian

Jika kalian ingin membuat sebuah blog yang keren maka kalian harus punya nama domain sendiri, guys. Mimin si sangat merekomendasikan untuk membeli domain dari penyedia hosting yang sudah terkenal, baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri.

Adapun penyedia domain gratis di internet, misalnya domain gratis berekstensi ga, cf,dan lain-lain. Tapi jika kalian ingin membangun blog yang lebih profesional, sebaiknya beli domain TLD saja ( Top Level Domain ) agar kalian punya akses penuh atas domain yang kalian miliki, dan tentunya akan terlihat lebih keren, guys. Harga domain dan hosting murah meriah serta ada promonya lhoh.

Baca Juga : Tema WordPress Adsense Cocok Buat Publisher Adsense

Domain dan hosting harus terhubung agar website kalian bisa dibuka, guys. Bila kalian membeli domain dan hosting dari layanan yang beda maka kalian harus menambahkan DNS ( Domain Name System ) hosting ke domain kalian. Bagi kalian pengguna pemula mimin rekomendasikan untuk membeli nama domain dan hosting dari satu penyedia saja agar tidak perlu mengatur DNS lagi. Contohnya kalian membeli domain dari niagahoster, maka mimin saya sarankan kalian juga beli hostingnya dari mereka juga.

Menyewakan Hosting Untuk Blog

Saat kalian membuat sebuah blog, kalian pasti akan membutuhkan file – file pendukung agar website tersebut terlihat baik di pencarian borwser, bukan ?. Contohnya file WordPress, file gambar, file video, file teks, dan file-file lainnya. Fungsi dari hosting ini adalah sebagai tempat atau area untuk menyimpan data base file website yang akan kita bangun di wordpress. Kita harus cermat dalam memilih hosting yang akan digunakan agar website yang dibuat dapat dibuka dengan baik dan proses loadnya sangat cepat.

Jika kalian sudah membeli paket hosting, biasanya penyedia layanan hosting tersebut akan mengirimkan beberapa data terkait hosting yang kita beli, guys. Diantaranya seprti data user name dan password cPanel hosting ( Control Panel hosting ), dan lainnya. Simpanlah data ini dengan hati – hati dan baik, karena akan dibutuhkan suatu saat nanti. Jika kalian membeli domain dan hosting di layanan yang berbeda maka kalian wajib menambahkan DNS hosting kalian ke domain yang kalian beli.

Dibawah ini merupakan dua jenis hosting yang dapat saya sarankan, pikir – pikir dulu mana yang dibutuhkan sebelum kalian membeli hosting :

  • Shared hosting merupakan jenis server yang di dalamnya terdapat beberapa account hosting website dan menggunakan layanan server tersebut secara bersamaan. Shared hosting biasa biayanya lebih terjangkau, tapi privasi dan performa website di dalamnya shared hosting kurang baik, apalagi jika trafik blog cukup besar. Bila file data website kalian kecil dan belum banyak trafik, kalian dapat menggunakan shared hosting.
  • Dedicated Hosting merupakan jenis server yang dpaat digunakan oleh satu klien saja. Keuntungan menggunakan dedicated hosting ialah privasi pembeli aman karena tidak digunakan oleh pengguna lain, dan performance website jauh lebih baik dibandingkan dengan shared hosting yang biasa – biasa saj. Namun biaya untuk dedicated hosting ini lebih mahal dibandingkan shared hosting, Lhoh.

Baca Juga : Tips Jitu Meningkatkan Pengunjung Di Blog

Memasang WordPress di Hosting Dengan Mudah

Ada dua cara untuk memasang file WordPress ke hosting kalian, yaitu dengan mengupload file WordPress secara manual atau bisa juga dengan menggunakan Softaculous. Untuk proses pemasangan yang lebih cepat dan mudah, kalian dapat menggunakan Softaculous, software ini biasanya sudah ada di cPanel hosting kalian, guys.

Pertama kali memasang WordPress, tema default dan plugin default akan otomatis terinstal ke WordPress kalian. Artinya, kalian sudah memiliki sebuah blog dan dapat memulai mengisi konten pada blog tersebut. Namun, bila kalian membiarkan pengaturan default dengan tema default maka kemungkinan besar blog tersebut tidak terlihat professional dan keren. Kalian membutuhkan sedikit beberapa sentuhan untuk membuatnya lebih menarik dan indah, contohnya memasang tema khusus, memasang plugins, dan opsi lainnya, kita lanjut saja cara membuat blog di wordpress dengan mudah ini .

Memasang Tema Sesuai Selera

Jika sudah berhasil memasang WordPress di hosting, kalian dapat melakukan beberapa opsi untuk membuat blog kalian menjadi lebih professional. Mengatur tema WordPress sangatlah besar pengaruhnya pada desain layout blog kalian secara menyeluruh.

Saat memasang WordPress, biasanya tema default akan ikut terpasang ke dalam hosting kalian. Desain tema ini standar dan tidak semua orang menyukai desain standar tema WordPress. Jika kalian ingin memiliki blog dengan desain yang menarik, maka kalian perlu memasang tema tertentu.

Tema WordPress ini tersedia fitu tema, baik itu yang gratis ataupun yang berbayar. Jika kalian ingin menggunakan tema yang gratis, kalian dapat mencarinya langsung ke halaman dashboard WordPress kalian, di bagian Appearance > Theme > Add New. Kalain dapat mencari tema yang sesuai dengan keinginan kalian.

Tema WordPress Gratis Terbaik

Ternyata tema gratis yang tersedia tidak sesuai dengan harapan kalian, maka kalian dapat menggunakan tema premium yang dijual di beberapa blog yang khusus menjual tema WordPress. Beberapa blog yang saya sarankan untuk membeli tema WordPress di bawah ini :

Baca Juga :

Memasang Dan Mengatur Plugins

Untuk membuat WordPress kalian bekerja lebih maksimal lagi bukan, maka diperlukan beberapa settingan dan juga memasang beberapa plugins penting, guys. Beberapa settingan sederhana ini dapat memberikan dampak yang besar bagi blog kalian, contohnya :

  • Membuat halaman baru Seperti About, Kontak, Privacy Policy, Disclaimer, dan lainnya
  • Mengatur widget pada sidebar
  • Mengatur posisi menu kategori
  • Menambahkan logo serta banner
  • Dan settingan lainnya

Memasang plugins WordPress merupakn hal yang penting untuk meningkatkan kemampuan blog WordPress kalian. Beberapa plugins penting yang harus kalian pasang di blog WordPress kalian diantaranya :

  • Yoast SEO
  • Google XML Sitemaps
  • Jetpack
  • Contact Form 7
  • Smush
  • Sucury
  • Akismet
  • Dan lain-lain

Membuat Konten Relavan

Bilah sudah selesai melakukan semua settingan yang dibutuhkan, sekaranglah kalian membangun konten untuk blog baru kalian. Sebelum membuatb konten, pastikan kalian sudah melakukan riset keywords dengan benar. Melakukan langkah ini akan sangat membantu sekali kalian dalam membuat konten yang banyak dicari oleh para pengguna Google, guys. Dan tentunya kata kunci yang sesuai dengan niche bisnis kalian sebelum dan cara membuat blog di wordpress.

Membuat konten yang berhubungan dengan niche kalian tentunya bukan sesuatu yang sulit karena kalian memang menguasainya. Kalian harus bisa memastikan bahwa konten yang kalian buat dan posting di blog kalian akan memberikan banyak manfaat kepada audiens. Hal tersebut akan sangat membantu membangun brand blog bisnis kalian nantinya untuk jangka yang cukup panjang. Selain itu, membuat konten yang berkualitas secara terus menerus akan meningkatkan authority sebuah website kalian untuk niche yang kalian tembak, dan ini sangat baik untuk SEO.

Baca juga : Cara Mengatasi Error Pada WordPress Dengan Mudah

Kesimpulan

Nah Itulah Cara Membuat Blog Di WordPress Biasa dan Self Hosted Dengan Mudah. WordPress adalah software yang sangat opuler dan sangat baik untuk membangun berbagai jenis website. Sejauh ini mimin sudah membangun beberapa jenis website seperi toko online, blog, portal, dan company profile dengan menggunakan software WordPress, semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan artikel ini, guys.