Artikel, Bisnis Online, Instagram, Tips And Trik, Tutorial

Cara Membuat Instagram Ads Lengkap 2020

Cara Membuat Instagram Ads Lengkap 2020 – Instagram Ads merupakan salah satu aktivitas beriklan di platform Instagram untuk mendapatkan audiens yang lebih banyak dan terarah sesuai target. Fitur ini sering digunakan untuk meningkatkan suatu brand, traffic blog, atau mendapatkan audiens baru. Jika kalian sering mendengar dengan sales funnel, Instagram Ads bisa membantu memindahkan leads yang sudah ada ke bagian bawah funnel, yaitu pembelian, guys.

Instagram ads juga merupakan platform visual berupa gambar dan juga video sehingga mengiklan produk kalian atau hal lainnya tepat untuk memasang iklan di Instagram. Kalian juga membutuhkan gambar dan video agar menarik perhatian hati pengunjung.

Sama halnya dengan Facebook ads, kalian perlu mengeluarkan sedikit uang untuk mempromosikan konten kalian di Instagram Ads juga bisa membantu meningkatkan untuk brand yang sedang dikelola oleh kalian. TIdak hanya itu saja, kalian juga dapat memilih target market kalian dengan lebih khusus, guys.

Baca Juga : Cara Riset Keyword Dengan Menggunakan Ubersuggest

Cara Membuat Instagram Ads 2020

Ada hal yang harus kalian ketahui mengenai Instagram Ads yaitu kalian membutuhkan sebuah akun Facebook. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memulai beriiklan di Instagram, melalui :

  • Aplikasi Instagram
  • Facebook Ads Manager
  • Facebook Power Editor
  • Facebook’s Marketing API
  • Instagram Partners

Di atas sudah saya berikan, cara paling efisien untuk membuat iklan di Instagram melalui Facebook Ads Manager dan lainnya. Contohnya, Facebook Power Editor dan Facebook’s Marketing API lebih tepat dimanfaatkan bagi kalian yang ingin membuat iklan Instagram dalam jumlah banyak dan kurun waktu yang bersamaan. Sedangkan, Instagram Partners dimanfaatkan bila bisnis kalian sudah lebih bagus dan terkenal, sebab dapat memakan biaya yang cukup besar dan tidak main – main. guys.

Cara Membuat Instagram Ads Memakai Facebook Business Manager

Salah satu cara paling mudah untuk membuat Instagram Ads ialah melalui Facebook Business Manager, Dan berikut bisa kalian praktikan cara membuat Instagram Ads :

Menentukan Tujuan Campaign Brand

Sebuah campaign tidak bisa berjalan dengan baik bila kalian tidak menentukan ke mana arah campaign tersebut. Oleh sebab itu, langkah awal yang harus kalian lakukan untuk membuat Instagram Ads adalah menentukan tujuan dari campaign tersebut, guys.

Berikutnya, Facebook akan memberikan bantuan menentukan format iklan kalian, bidding options, dan auto-optimization agar sesuai dengan tujuan campaign kalian. Dibawah Ini adalah daftar campaign objectives yang sudah disediakan oleh Facebook Ads Manager dan dapat dimanfaatkan untuk Instagram Ads :

  • Brand awareness
  • Local awareness
  • Reach
  • Traffic
  • Engagement
  • All installs
  • Video views
  • Lead generation
  • Conversions
  • Product catalog sales
  • Store visits

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Ingatan Otak Saat Belajar

Buat Judul untuk Campaign kalian

Saat kalian memberikan nama untuk sebuah campaign Instagram, jangan lupa untuk menambahkan perkiraan tanggal campaign kalian berlangsung agar kalian dapat merekam data serta mengelola data tersebut agar bisa diperbaiki di kedepannay nanti.

Di langkah pengaturan ini, kalian memiliki dua pilihan :

Buat target audiens baru’

Menggunakan audiens yang sudah ada sebelumnya

Tidak usah cepat – cepat dalam menentukan target pengunjung sebab ini merupakan salah satu elemen penting dalam memasang sebuah iklan yang kalian inginkan. Selain menentukan efektivitas iklan kalian, target pengunjung juga berpengaruh pada sebuah biaya iklan yang akan kalian pakai, guys.

Memilih di mana letak iklan kalian kedepannya. Kalian dapat memilih di bawah ini :

  • Facebook News Feed untuk Mobile dan Desktop
  • Sebelah kanan halaman Facebook
  • Instagram
  • Audience Network
  • Instant Articles
  • In-stream Video

Dan tentunya, pada sebuah pilihan tersebut kalian akan memilih Instagram. Selain itu, kalian juga dapat memilih beberapa media untuk menempatkan iklan atau placing. Di bawah ini adalah beberapa penempatan iklan yang disarankan oleh Pihak Facebook :

  • Brand awareness for Facebook dan Instagram
  • Engagement for Facebook dan Instagram
  • Video views for Facebook, Instagram, dan Audience Network
  • App installs for Facebook, Instagram, dan Audience Network
  • Traffic Website for Facebook and Audience Network
  • Product catalog sales for Facebook dan Audience Network
  • Conversions for Facebook dan Audience Network

Menentukan Biaya dan Bidding Instagram Ads

Mengatur dan menentukan sebuah pengeluaran serta bidding untuk Instagram ads kalian juga perlu langkah yang penting. Jadi, proses bidding iklan sama halnya seperti pelelangan tetapi dalam hal tersebut, kalian ingin mendapatkan perhatian dari user media sosial. Ada beberapa faktor yang berkontribusi ke biaya pengiklanan ini :

Harga bidding Sebuah Iklan Facebook

Semakin besar biaya yang perlu dikeluarkan, Facebook juga akan semakin mengoptimalkan dalam mendistribusikan iklan kalian. Kalian juga dapat memasukkan angka sebuah bidding yang kalian inginkan, atau dapat melakukan automatic bid, guys.

Jika kalian menggunakan automatic bid, harga yang akan kalian bayarkan tergantung pada seberapa jauh jangkauan iklan kalian dan berapa banyak iklan yang mendapatkan saat exposure. Semakin berhasil iklan kalian, maka akan semakin rendah pula harga bidding yang sudah ditetapkan. Yang artinya, dengan menggunakan automatic bid, kalian dapat mendapatkan distribusi iklan yang lebih optimal dan jangkauannya pun lebih banyak.

Relevance Score atau Nilai Relavansi

Setiap jenis iklan yang kalian pasang di Facebook dan Instagram memiliki “ relevance score “ atau nilai relevansi. Facebook akan menilai relevansi dengan melihat reaksi yang didapatkan oleh iklan kalian baik positif atau negatif. Kemudian Google akan mengatur relevance score atau relavnsi score iklan kalian. Yang, nantinya nilai tersebut akan memiliki efek langsung kepada biaya iklan yang kalian keluarkan dan bagaimana Facebook megutamakan iklan kalian tersebut.

Estimated Action Rates

Facebook juga akan menentukan Estimated Action Rates, jika kalian tidak tahu Estimated Action Rates itu adalah estimasi jika seseorang akan mengklik atau interaksi setelah melihat iklan.

Baca Juga : 8 Tips Alternatif Google Adsense Terbaik 2020

Membuat Instagram Ads

Jika kalian telah melakukan pengaturan pada iklan di atas, sekarang saat memilih format Instagram Ads apa yang kalian inginkan. Instagram menyediakan beberapa format Instagram Ads, guys :

Single image ads

Single image ads merupakan format iklan yang sering digunakan oleh pebisnis online. Kalian perlu sebuah gambar, caption, dan juga tombol call – to – action atau CTA.

Instagram Carousel Ads

Instagram Carousel Ads merupakan format iklan yang memungkinkan kalian untuk memilih sampai 10 gambar dan video ingin kalian jadikan iklan, guys.

Instagram Video Ads

Instagram Video Ads merupakan sebuah iklan dengan format video atau GIF.

Slideshow Ad

Slideshow Ad adalah iklan yang menggunakan format gambar yang bisa menampilkan hingga 10 gambar dan juga menambahkan sebuah musik untuk membuat video yang diputar berulang – ulang atau loop.

Instagram Lead Ads

Instagram Lead Ads merupakan Format yang membantu kalian untuk mengumpulkan informasi dari calon pelanggan tanpa membawa mereka keluar dari aplikasi Instagram. Ktika seseorang mengklik iklan kalian, pelanggan akan diarahkan ke halaman baru dengan formulir yang menanyakan beberapa informasi, seperti Nama, Email, Nomor HP, dan masih banyak lagi. Dan juga privacy policy untuk meyakinkan keamanan sebuah data leads.

Instagram Stories Ads

Instagram Stories Ads merupakan Format iklan Instagram untuk beriklan, baik dalam bentuk sebuah foto atau video berdurasi 15 detik saja, guys.

Jika kalian sudah memilih sebuah format iklan yang kalian inginkan, jangan lupa untuk mengisi detail iklan kalian seperti headline, teks, dan tombol call to action atau CTA.

Setelah itu, kalian dapat menggunakan “ Ad Preview Tool “ untuk melihat bagaimana Instagram Ads yang nantinya akan muncul. Jika sudah, kliklah tombol “ Place Order “ untuk mengirimkan iklan kalian untuk di review dan juga dipublikasikan oleh pihak Instagram.

Baca Juga : Cara Unistall Adobe Photoshop dengan Baik dan Benar

Cara Menggunakan Instagram Ads pada Sebuah Unggahan Promo

Kalian dapat mempromosikan sebuah konten unggahan kalian langsung melalui aplikasi Instagram. Tetapi, kalian tidak dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyiapkan campaign yang lebih lengkap dan juga kompleks. Sebelum mempromosikan sebuah konten Instagram, kalian perlu memenuhi beberapa syarat ini :

  1. Pastikan akun kalian sudah mengubah akun kalian ke Akun Bisnis Instagram.
  2. Kalian perlu menjadi Administrator Halaman Facebook yang terhubung dengan Akun Instagram kalian.
  3. Kalian perlu mengikuti Kebijakan Periklanan Facebook

Bila sudah siap semuanya, langsung saja praktikan cara mempromosikan konten Instagram melalui aplikasinya, guys :

  • Pertama, Buka aplikasi Instagram
  • Lalu, Klik profil kalian
  • Setelah itu, pilih konten yang ingin kalian promosikan
  • Nah, di bawah konten gambar atau video, klik “ Promote ”
  • Berikutnya, kalian lakukan langkah berikut :
  • Pilih tujuan sebuah iklan yang tersedia
  • Kalian pilih salah satu dari tiga tujuan pemasangan iklan, seperti untuk menaikkan sebuah profile visits, website traffic, atau juga promotion views, guys.
  • Isi rincian promosi
  • Atur beberapa titik poin penting seperti objectives, destination, tombol CTA, jenis audiens atau pengunjung, budget, dan juga durasi penayangan iklan. Setelah itu, klik “ Create Promotion ”.

Baca Juga : 5 Tips Cara Membuat Feed Instagram Menarik untuk Jualan

Kesimpulan

Nah itulah, Cara Membuat Instagram Ads Lengkap 2020, semakin banyak yang menggunakan media sosial juga berpengaruh pada periklanan juga. Dan Sekarang, sudah hampir setiap platform media sosial memberikan layanan beriklan sehingga kalian bisa mendapatkan audiens lebih banyak dan baru.

Dan Pastikan untuk memasang iklan, kalian menggunakan gambar atau video yang relevan dan menarik serta konteks dengan kualitas gambar XD dan terbaik. Semoga artikel yang saya tulis menjadi manfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah ini, Terimakasih.