Artikel, Tutorial, Wordpress

Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Blog

Panduan Lengkap Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Blog Dengan Mudah – Website pasti akan selalu membutuhkan artikel untuk diupload secara teratur dan merata bukan ?. niche artikel yang di upload pun tak dapat dengan artikel asal – asalan. Artikelnya pun harus berkualitas SEO dan harus bisa memberikan performance yang baik di mesin pencarian, guys. Jadi, sang penulis blog website tersebut harus bisa menguasai cara menulis artikel SEO friendly atau ramah dengan mesin pencari goole, guys.

Walaupun ada plugin yang bisa membantu kalian untuk mengoptimalkan SEO di blog kalian. Meskipun, memakai plugin saja tidak cukup untuk itu. Sebagai blogger, kalian juga harus dapat memahami cara menulis artikel yang baik agar selalu menjadi di halaman pertama hasil mesin pencarian. Kalian tak bisa terus – menerus memiliki ketergantungan dari sebuah plugin saja, guys.

Jadi kalian harus mengetahui apa saja yang memenuhi kriteria Artikel SEO Friendly dan di bawah ini adalah panduannya bisa kalian baca dan simak agar kalian paham dan membantu mencapai halaman pertama mesin pencari.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Di WordPress Biasa Dan Self Hosted

Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Blog Dengan Mudah Dan Praktis

Gunakan Keyword Yang Banyak Dicari Tapi Persaingannya Rendah

Metode yang perlu kalian lakukan sebelum menulis artikel seo friendly di blog adalah mencari kata kunci yang dicari oleh pengunjung kalian. Oleh karena itu kalian harus mengerti siapa pengunjung kalian, dan siapa yang membaca blog kalian. Dengan begitu kalian dapat mengetahui target sasaran keyword atau kata kunci yang sering mereka cari di mesin pencarian browser.

Setiap jenis perusahaan pasti memiliki karakter konsumen yang berbeda – beda bukan ? . Sebab, konsumen jenis perusahaan yang mungkin berbeda – beda menggunakan keyword atau kata kunci yang berbeda pada dasarnya, guys.

Contohnya saja dari dua jenis perusahaan yang berbeda, seperti pakaian dan kuliner. Konsumen perusahaan pakaian akan lebih banyak mencari kata kunci seperti fashion pria,wanita , atau keluarga. Sedangkan konsumen di bidang kuliner pasti lebih banyak mencari kata kunci seperti makanan, minuman, atau tutoriall kuliner.

Pastikan kata kunci yang kalian gunakan di artikel blog kalian dengan kata kunci yang kemungkinan besar digunakan oleh pengunjung kalian. Bila kalian salah menggunakan kata kunci, kalian hanya akan membuang waktu kalian percuma.

Bagaimana cara menentukan kata kunci cocok untuk digunakan untuk artikel yang kalian implementasikan ke artikel kalian ?. Kalian bisa menggunakan formula di bawah ini untuk membantu kalian menentukan kecocokan dalam menemukan sebuah kata kunci yang relavan dan banyak dicari orang.

Pastikan search volume pencarian kata kunci tersebut lumayan banyak. Kalian bisa menggunakan bantuan website untuk mengetahui search volume pencarian kata kunci seperti ubbersuggest dengan sekali search langsung menampilkan kata kunci yang kalian cari, guys.

Kalian harus tahu apa yang dicari oleh pengunjung terkait dengan kata kunci yang dituliskan di mesin pencarian. Pastikan juga jika kalian memiliki sumber dan source yang cukup dalam membuat artikel untuk dapat menyaingi artikel yang ada di halaman pertama hasil pencarian kata kunci tersebut, guys

Artikel Kalian Jawaban Yang Ditanyakan Oleh Pengunjung

Google biasanya akan mengetahui para pengunjung yang puas atau tidak dengan hasil pencarian berdasarkan beberapa pertimbangan tolok ukur yang di cari oleh audiens, guys. Di antaranya ialha lama waktu yang dihabiskan untuk membaca artikel yang kalian buta dan apakah artikel tersebut membantu atau tidak oleh si pengunjung.

Semakin lama waktu yang dihabiskan dalam membaca artikel dan semakin banyak pula dibagikan artikel yang ditulis memenuhi harapan para pengunjung. Biasakan membuat artikel selengkap mungkin agar bisa menjawab pertanyaan para pengunjung.
Bila artikel yang kalian tulis bisa memenuhi harapan para pengunjung, Google akan memberikan hadiah untuk artikel kalian.

Gunakanlah Focus Keyword Secukupnya

Walaupun kalian menggunakan focus keyword untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian Google , Yah, bukan berarti kalian bisa menggunakannya secara berulang atau bahkan berlebihan lagi. Biasanya penggunaan focus keyword yang agak berlebihan akan menurunkan kualitas artikel kalian bisa jadi artikel yang kalian buat kredibilitasnya buruk di mata hasil pencarian telusur.

Perlu kalian ingat bahwa kalian menulis artikel seo untuk dibaca oleh manusia sehingga struktur penulisannya juga harus dipaskan dengan logika manusia atau akal manusia. Tetapi, kalian juga harus memperhatikan SEO artikel tersebut agar meraih peringkat pertama di hasil pencarian.

Jadi apa yang dapat kalian lakukan agar artikel yang kalian tulis tetap nyaman untuk dibaca oleh para pengunjung dan tetap dapat berada di peringkat pertama hasil pencarian ?.

Menulislah artikel yang cocok dengan logika pembaca artikel kalian dan tentu akan lebih bermanfaat bagi mereka yang membaca artikel kalian. Saat kalian sudah selesai dalam menulis artikel seo, baca ulang lagi dari awal hingga akhir dengan kesesuain mesin pencari. Kalian perlu mengutamakan kesesuain pengunjung karena pada akhirnya yang membaca artikel kalian adalah manusia biasa, bukan robot, guys.

Kelayakan Artikel Saat Dibaca

Dalam menulis artikel memang membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi agar artikel kalian tetap sesuai dengan kaidah penulisan yang dibutuhkan. Artikelnya juga harus ditulis sesuai dengan kaidah penulisan menunjukkan tingginya kemahiran blog yang dikembangkan. Baik itu blog industry maupun blog personal, guys.

Memang dalam menulis artikel diperlukan editor untuk memeriksa artikel yang kalian tulis. Namun, bila kalian tak memilki editor yang mahir untuk memeriksa artikel kalian, adapun cara lain yang bisa dilakukan untuk menulis artikel yang benar, guys.

Caranya begini, saat sudah selesai menulis satu artikel, lakukan waktu untuk istirahat beberapa jam saja. Nah, sehabis itu kalian bisa kembali ke artikel yang sudah kalian buat sebelumnya dan lakukanlah self-editing serta sunting sendiri artikel tersebut dengan pikiran yang lebih fresh dari sebelumnya.

Kalian juga bisa meminta bantuan teman untuk membaca artikel yang kalian tulis sebelum mempublisnya ke dunia internet. Minta saran dari mereka apakah mereka bisa memahami yang kalian tulis atau tidak sama sekali.

Gunakanlah saran dan kritik dari teman kalian untuk memperbaiki artikel yang kalian tulis serta janagn lupa untuk gunakan kaidah yang benar dalam menulis artikel .

Baca Juga : Sering Terjadi Error di WordPress ? Inilah Solusinya

Gunakanlah Link Internal dan Eksternal Pada Website

Jika kalian menulis artikel yang diterbitkan secara langsung ke dunia maya terkadang diperlukan untuk menggunakan URL link artikel, baik itu link internal ( dalam ) maupun link eksternal ( keluar ). Fungsi yang diberika oleh link di artikel ialah untuk memberikan penjelasan lebih dalam lagi kepada pengunjung terkait topik utama artikel yang kalian buat.

Link internal merupakan link yang merujuk pada salah satu artikel di blog kalian sendiri auto redirect ke halaman artikel lainnya. Sedangkan link eksternal merupakan link yang merujuk ke situs selain blog kalian, guys.

Link eksternal biasanya merujuk ke website atau blog lain yang digunakan sebagai sebuah landasan pernyataan yang kalian tulis. Biasanya berupa hasil penelitian, statistik, kutipan, atau referensi dari media lain.

Link internal biasanya berfungsi untuk merayu pengunjung untuk mengeksplor artikel di blog kalian. Dengan pengunjung tak hanya membaca artikel utama, tetapi juga membaca artikel lain akan meningkatkan lama waktu yang dihabiskan di blog kalian. Selain itu, penggunaan link internal ini membantu Google untuk memahami topik fokus blog yang kalian kelola.

Contoh dari link internal: Cara Membuat Blog dengan Mudah TerbaruBiasa Dan Self Hosted

Daripada hal itu, link eksternal memiliki fungsi untuk meyakinkan pengunjung bahwa kalian telah melakukan riset untuk menulis artikel yang seo , bukan ?. Dan menyiman link website lain di blog kalian bisa membantu menaikkan ranking website. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa kalian berdedikasi untuk memberikan informasi yang terbaik bagi pengunjung kalian walaupun perlu mengantarkan pengunjung ke website lain.

Perhatikan Juga Elemen Penting Pada Blog

Beberapa komponen artikel di blog tidak hanya terdiri dari kata dan paragraf, tetapi juga melibatkan beberapa komponen teknik lain seperti URL link, tag judul blog, dan heading, guys.

Bila ingin artikel kalian muncul di halaman pertama hasil pencarian, kalian juga harus memerhatikan komponen blog di atas, guys.

Ayo kita bahas bersama – sama, yaitu URL link. sistem ini secara otomatis menuliskan URL artikel seperti ini: https://www.domainkalian.com/blog/cara-cepat-hamil-di-usia-dini-dengan-mudah.

URL link bisa lebih disingkat, dan lebih baik. Kalian bisa mempersingkatnya menjadi seperti ini: https://www.domainkalian.com/blog/cepat-hamil-di-usia-dini

Lalu buatlah judul artikel yang menarik dan singkat, guys. Tetapi bisa menggambarkan garis besar konten artikel kalian. Judul artikel harus mengandung focus keyword yang sudah ditentukan di awal, dan lebih baik lagi focus keyword berada di awal judul agar mesin pencari lebih mudah mengetahuinya.

Setelah itu pastikan focus keyword ada di judul, kalian juga harus memastikan focus keyword ada di salah satu heading artikel kalian. Namun, sekali lagi masukkan seperlunya saja, jangan asala berlebihan, guys.

Mongoptimalkan Gambar

Memakai gambar ke artikel memanglah bagus agar pengunjung tidak pernah bosan, apalagi bila artikelnya sangat panjang. Namun, ada beberapa rincian yang perlu kalian diperhatikan agar gambar di artikel kalian berfungsi secara optimal mungkin, guys.

Langkah pertama, yang kalian lakukan sebelum mengupload gambar pastikan nama gambar yang diupload sesuai dengan focus keyword yang kalian gunakan. Hal ini akan memudahkan Google untuk menemukan gambar dengan artikel yang diupload.

Yang kedua, alt text pada gambar juga perlu dicantumkan sesuai dengan focus keyword yang digunakan. Manfaatnya ialah agar mesin pencari bisa mengetahui apa gambar tersebut dan teks yang berada di sekitarnya yang dicari – cari. Selain itu, bila terjadi pada gambar mengalami error loading lama, alt text yang kalian dengan focus keyword akan muncul.

Langkah ketiga, kalian juga harus mengoptimakan gambar dengan memperkecil ukura file gambar tersebut agar loading page lebih lancar. Ada beberapa layanan yang menyediakan compressed image tanpa menyentuh kualitas gambar kompresan kalian. Layanan yang dapat kalian coba ada dibawah ini :

Membuat Konten Secara Konsisten

Membuat artikel dan mempublishnya secara konsisten akan bermanfaat untuk para pengunjung. Para pengunjung bisa mendapatkan informasi aktual dan faktual dari blog kalian.

Tak hanya itu, dengan selalu mempublish artikel, blog kalian juga akan terlihat aktif dan hal ini akan memberikan sinyal bagus kepada mesin pencari google . Google memberikan kredibilitas lebih kepada blog yang lebih aktif dibandingkan blog yang jarang memperbarui artikel atau kontenya, guys.

Baca Juga : 14 Plugin WordPress Terbaik 2020

Gunakanlah Sudut Pandang yang Unik dan Menarik

Dari salah satu kata kunci, pasti terdapat berbagai sudut pandang yang berbeda serta bisa digunakan untuk mengembangkan focus keyword tersebut. Kalian harus menemukan sudut pandang baru yang belum digunakan oleh orang lain, guys.

Semua orang pasti memiliki sudut pandang yang unik terhadap suatu permasalahan yang mereka hadapi. Kalian bisa memanfaatkan pengalaman pribadi yang berkaitan dengan focus keyword yang kalian ulas. Metode ini merupakan tips menulis artikel agar artikel kalian berbeda dan memiliki keunikan dalam menyampaikan sesuatu, guys.

Keunikan sudut pandang yang biasa digunakan ini akan membuat artikel yang kalian buat lebih memancarkan sesuatu dibandingkan dengan artikel lainnya dengan focus keyword yang sama persis.

Buatlah Struktur Artikel Blog

Sebaiknya kalian sebelum memulai menulis sebuah artikel, buatlah struktur artikel terlebih dahulu. Dasarnya memang, sebuah artikel blog dibagi menjadi beberapa bagian, seperti bagian pembuka “ prolog “, isi artikel, dan kesimpulan “ epilog ” . Jika kalian membuat struktur seperti ini akan mempermudah kalian untuk menulis artikel, guys.

Daripada hal itu, pembagian struktur pada artikel yang lebih jelas ini juga akan memudahkan pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari. Saat audiens ingin mengetahui akhir kata dari artikel ini, mereka bisa langsung membaca bagian akhir kata, guys.

Buatlah Artikel Panjang Dengan Optimal

Suatu artikel yang pamjang setidaknya berada di angka 300 kata, guys . Jumlah tersebut adalah kata artikel minimum untuk sebuah artikel pada blog. Untuk banyak kata maksimumnya, beberapa pakar menggunakan angka yang berbeda – beda . Dan pakar menyatakan bahwa ( Orbit Media Study ), rata – rata jumlah kata artikel pada sebuah blog adalah 1.142 kata yang dicantumkan pada blog, guys.

Biasanya panjang artikel yang optimal pada sebuah artikel berbeda – beda tergantung minat yang ingin dicapai oleh penulis tersebut. Bila tujuan kalian adalah untuk berada di halaman pertama hasil pencarian Google, CoSchedule menyatakan bahawa “ setidaknya artikel kalian terdiri dari 2.500 kata “.

Buatlah Pembagian Pembuka yang Menarik

Setelah pengunjung membaca judul artikel kalian yang menarik, tidakah pengunjung akan membaca seluruh artikel blog. Pengunjung harus diyakinkan dengana artikel yang kalian buat benar – benar akan bermanfaat bagi si pengunjung, guys.

Oleh sebab itu, buatlah artikel dengan kalimat pembuka yang benar – benar meyakinkan bahwa artikel yang kalian buat akan menjawab Q dan A yang pengunjung cari. Kalian perlu bisa menarik minat perhatian pengunjung di pembuka artikel agar pengunjung meneruskan minat baca artikel hingga selesai, guys.

Buatlah dengan kalimat yang mana minat baca bisa merasa readable atau enak dibaca dengan artikel yang mereka sedang baca.

Baca Juga : 15 Template Toko Online Terbaik Dan Gratis

Manfaatkan Heading dan Subheading Pada Artikel

Heading dan subheading biasanya membantu pengunjung untuk menemukan pokok inti bahasan dalam artikel yang dibacanya, guys. Kemudahan para pengunjung ini akan meningkatkan kesenangan pengunjung terhadap artikel yang kalian buat.

Heading juga dapat membantu Google untuk menemukan pokok inti bahasan dalam artikel yang dibuat sehingga dapat membantu menaikkan peringkat artikel di hasil pencarian.

Daripada hal itu, kalian juga bisa memanfaatkan subheading agar turunan dari pokok inti bahasan di heading bisa diperjelas secara teratur dan merata, guys.

Memiliki Paragraf yang Singkat

Salah satu cara untuk menulis artikel kalian menjadi enak dibaca oleh pengunjung adalah dengan menggunakan paragraf singkat, guys. Jika menggunakan minimal panjang artikel seperti di atas, yaitu 2.500 kata pad artikel, dan tentunya kalian perlu memperincinya ke dalam sejumlah paragraph yang pas, guys.

Saat kalian memperincinya ke dalam paragraf, biasakan agar setiap paragraf tidak terlalu panjang dan pendek juga. Cara menulis artikel secara online memanglah sedikit agak berbeda dibandingkan cara menulis artikel di media cetak yang dengan mudah, misalnya. Bila artikel – artikel di media cetak dapat memiliki paragraf yang panjang dan membosankan, tidak dengan artikel di dunia internet.

Artikel di dunia internet biasanya cenderung memiliki paragraf yang singkat dan pendek. Hal tersebut akan mempermudah para pengunjung untuk pemahaman apa yang kalian buat, guys.

Perhatikan juga Konten yang Relavan

Kalian memang bisa menggunakan beragam jenis keyword dalam penulisan artikel dalam blog yang berbeda. Namun, semuanya perlu keyword relevan dengan tujuan hal utama blog kalian, guys.

Misalnya, blog kalian adalah blog kecantikan, kata kunci yang kalian masukan harus relevan dengan dunia kecantikan. Begitu juga dengan jenis – jenis blog yang lain. Semua artikel yang ada dalam blog haruslah relevan dan saling berhubungan dengan kata kunci utama.

Konten yang tidak relevan atau tidak saling berhubungan akan memiliki pengaruh buruk terhadap ranking pada hasil pencarian dan blog kalian. Mesin pencarian Google juga menggunakan berbagai tahap untuk mengurutkan artikel di hasil pencarian google. Contohnya saja dengan relevansi konten pada blog – blog lain, guys.

Tingkatan relevansi yang bagus suatu artikel di blog akan memberikan sinyal baik untuk mesin pencari Google. Nah, jika begitu kemungkinan artikel kalian akan muncul di halaman pertama hasil pencarian google dan meningkat juga, guys.

Menulis Artikel dengan Spesifik

Saat kalian membuat artikel, pastikan juga memiliki tahapan yang saling berhubungan dan relevan pada artikel. Pembahasan isi yang diberikan kepada pengunjung haruslah menyeluruh agar memberikan manfaat yang ada pada artikel yang kalian buat bisa tersampaikan dengan puas. Nah, kalau begitu saat meninggalkan artikel pengunjung memiliki pengetahuan baru dengan apa yang dia cari di blog kalian, guys.

Berbeda halnya dengan penulisan artikel kalian yang terlalu panjang, dan memiliki fokus pembahasan yang kurang jelas. Apalagi bila penyampaiannya tidak berurutan dan merata, tidak menutup besar kemungkinan pengunjung akan meninggalkan artikel kalian ditengah membaca, guys.

Saat kalian menulis artikel yang kalian tulis pasti memiliki beberapa fokus pembahasan bukan ?, pakailah bagian – bagian seperti artikel ini untuk mempermudah pengunjung memahami topik – topik artikel yang membutuhkan pemahaman mendalam, guys.

Lakukan Metode Promosi

Pada langkah ini memanglah bukan langkah teknis dalam cara menulis artikel yang SEO. Tetapi, langkah tersebut penting agar artikel kalian mendapatkan jangkauan pembaca yang lebih banyak dan luas, guys.

Langkah berikutnya adalah mempromosikan artikel yang sudah SEO Friendly ini di semua media sosial yang kalian miliki. Bagikanlah artikel di media sosial adalah salah satu langkah mudah agar orang-orang bisa membaca artikel kalian.

Dengan metode ini artikel kalian akan memperluas jangkauan pengunjung kalian. Dan akan mempermudah cara menulis artikel seo friendly Dengan trafik yang datang dari link sosial media ini menjadi ladang untuk meningkatkan peringkat di halaman pencarian Google, guys.

Contoh Menulis Artikel SEO Friendly

Jika kalian sudah mengetahui cara menulis artikel seo friendly dengan baik, sekarang saatnya kalian menerapkannya di blog yang kalian kelola. Apabila kalian sudah mencobanya maka kalian akan mendapatkan peringkat yang bagus di hasil pencarian Google. Kalian perlu memastikan semuanya relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog kalian, guys.

Dengan kata kunci “ cara membuat nasi uduk “ harus relavan dengan kata kunci lainnya misalnya, cara membuat nasi uduk kuning, cara membuat nasi uduk telor, cara membuat nasi uduk biasa dan lain – lain yang bisa dijadikan kata kuci relavan, guys.

Baca Juga : Ad – Sense – Tema WordPress Untuk Adsense

Kesimpulan

Demikianlah dari artikel ini tentang cara menulis artikel SEO friendly tanpa plug in tambahan, guys. Semoga kalian dapat menerapkanya di blog kalian serta membagikan artikel ini jika memang bermanfaat bagi kalian. Kalain juga bisa mmebac artikel lainnya di blog ini Selamat mencoba, guys.