Adsense, Artikel, Tutorial, Wordpress

Cara Pasang Iklan AdSense di Blog WordPress

Cara Pasang Iklan AdSense di Blog WordPress – AdSense merupakan cara yang paling diminati untuk menghasilkan uang dari blog kalian. Untuk memasang iklan AdSense memang mudah, tetapi yang bikin sulit adalah diterima oleh Adsense untuk mendapat program iklan AdSense, ya karena memang banyak juga persyaratan yang diperlukan untuk disetujui oleh AdSense dan butuh kesabaran untuk disetujui oleh program Adsense ini, guys.

Di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Pasang Iklan AdSense di Blog dengan platform WordPress bersama berbagi beberapa tutorial terbaik dan tips untuk meningkatkan penghasilan kalian dari AdSense.

Baca Juga : Tutorial Cara Install Corel Draw X7 di All Windows

Cara Pasang Iklan AdSense di Blog

Catatan : Di artikel kali ini saya hanya akan memberkan tutorial cara pasang iklan AdSense jenis iklan Display Ads, karena ini adalah jenis iklan yang sering digunakan dan mengaturnya juga harus manual. Kalian dapat mempelajari cara memasang iklan berbagai jenis lainnya seperti Auto, In-feed, Text Ads dan masih banyak lagi.

Apa itu Google AdSense

Google AdSense merupakan jaringan periklanan yang dimiliki oleh Google yang memberikan blogger atau penulis artikel untuk mempunyai kesempatan untuk mendapatkan uang secara online dengan menampilkan jenis iklan berupa teks, gambar, video, dan iklan responsive lainnya di blog mereka.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Iklan Google AdSense

Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah dengan mendaftarkan untuk Akun Google AdSense. Bila kalian memiliki Akun Gmail, maka kalian bisa menggunakan Akun Gmail tersebut, jika kalian sudah memiliki blog yang sudah siap untuk kalian daftarkan ke AdSense dan sudah mempunyai Gmail, Klik link ini untuk mendaftar ke Google AdSense, guys.

Selanjutnya kalian mengirimkan formulir pendaftaran kalian, dan kalian akan menerima email dalam kurun waktu 12 jam atau kurang, Adsense akan memberi notifikasi kalian. Apakah kalian telah berhasil melewati proses pemeriksaan. Jika kalian berhasil melewati proses pemeriksaan tersebut, maka kalian dapat masuk ke akun AdSense kalian dan bisa mendapatkan kode iklan kalian sendiri, guys.

Untuk memulainya dengan mengklik opsi menu di bagian sidebar kiri yang bernama “ Ads ” atau iklan dan klik “ Overview “ atau lihat, lalu klik opsi menu tab di atas “ BY AD UNIT “ atau Jenis Iklan. Kalian akan melihat ada sekitar beberapa jenis iklan AdSense yang bisa ditampilkan di blog kalian.

Baca Juga : Cara Membuat Instagram Ads Lengkap 2020

Jenis Iklan AdSense Display Ads

Langkah Pertama, kalian perlu menuliskan nama unit iklan kalian di bagian paling atas. Buat nama sesuai keinginan kalian, nama iklan tersebut bertujuan untuk membedakan jenis iklan apa yang kalian buat, guys.

Pengaturan selajutnya adalah memilih Display Ads, ada 3 jenis bentuk iklan seperti Horizontal, Square dan Vertikal. Bentuk iklan tersebut dapat kalian lihat langsung pada tampilan dibawah jenis iklan.

Selanjutnya, memilih Ad Size atau ukuran iklan. Saya sarankan untuk memilih iklan jenis “ Responsive “ , karena iklan ukuran tersebut dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan area iklan pada template WordPress kalian, dan bisa berubah menyesuaikan jenis perangkat pengunjung yang emngunjungi blog kalian.

Tetapi bila kalian ingin mengatur ukuran jenis iklan kalian sendiri tinggal mengklik opsi menu drop down tersebut dan di opsi tersebut, akan ada pilihan “ Fixed ” atau Tetap serta ada kolom untuk memasukkan ukuran jenis iklan kalian sendiri.

Membuat Unit Iklan Adsense

Berikutnya jika kalian sudah selesai dengan pengaturan iklan kalian, silahkan klik tombol “ Create ” atau Buat dan kalian akan melihat kode iklan yang sudah siap untuk kalian kemudian di salin dan pasang ke blog kalian. Ada dua jenis kode iklan yaitu AMP dan HTML, Lalu salin kode di HTML saja, dan bila blog kalian mendukung AMP, maka dapat juga memasang kode iklan tersebut pada template WordPress AMP kalian sendiri, guys.

Salin kode iklan kalian dan tempelkan di Notepad, karena kalian akan butuh di langkah selanjutnya. Dan kliklah “ Done ” atau Selesai, maka unit iklan baru sudah selesai dibuat. Kalian bisa kapan saja mengatur iklan tersebut atau mencari kode iklan tersebut karena unit iklan akan disimpan dalam akun AdSense kalian.

Baca Juga : Cara Riset Keyword Dengan Menggunakan Ubersuggest

Cara Pasang Kode AdSense di WordPress

Kailan harus menentukan di mana kalian ingin menayangkan iklan pada blog kalian. Yang paling sering iklan ditayangkan di bagian sidebar. Kalian bisa menambahkan iklan di bagian sidebar dengan menggunakan widget WordPress kalian.

Pertama masuk dulu ke admin area WordPress kalian dan setelah itu, masuk ke bagian menu Appearance » Widget.

Selanjutnya carilah daftar widget dan pilih “ Widget Text ” atau juga “ Widget HTML ” drag dan drop widget Text ke area widget di bagian posisi yang cocok, lalu tempelkan kode Google AdSense kalian tersebut, bila area widget kalian banyak pilih widget di bagian sidebar.

Mungkin di atas merupakan cara mudah untuk pasang kode AdSense di WordPress, kalian dapat memasang kode iklan tersebut pada area iklan yang sudah di berikan oleh template WordPress yang kalian gunakan.

Tetapi, bila template kalian tidak memberikan area iklan yang sesuai dengan keinginan kalian.

Tenang saja, masih banyak plugin untuk memasang kode iklan AdSense di bagian area strategis seperti, Adrotate, Ad Inserter, WP Quads dan masih banyak lagi yang dapat kalian gunakan, guys.

Sekarang kalian sudah dapat melihat iklan AdSense kalian ditampilkan, dan biasanya iklan baru akan tayang dalam beberapa jam atau lebih. Jangan lupa untuk menghapus cache pada peramban browser yang kalian gunakan, guys.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Ingatan Otak Saat Belajar

Penambahan Saran dan Pertanyaan Mengenai Adsense

Berikut ini merupakan saran dan pertanyaan mengenai AdSense yang sering ditanyakan oleh para blogger yang sudah diterima oleh AdSense.

Dimana Letak Iklan AdSense Terbaik ?

Tujuan dari letak dari iklan adsense terbaik adalah untuk mendapatkan banyak klik dari iklan kalian, sehingga kalian ingin menempatkan iklan kalian di tempat yang lebih strategis.

Tempatkan iklan di artikel postingan pada bagian atas karena cenderung mendapatkan klik terbanyak. Dan juga di sidebar atas. Dan ada beberapa yang menyarankan sebelum artikel, di tengah artikel atau di akhir artikel.

Haram Hukumnya Menklik iklan Milik Sendiri

Banyak pemula yang suka untuk mengklik iklan sendiri atau meminta teman atau orang lain untuk mengklik iklannya sendiri. jangan lakukan itu, kenapa ? karena Algoritma Google sangat pintar dan mengetahui saat kalian mengklik iklan kalian sendiri. Hal ini bisa membuat kalian di banned dari program Adsense.

Apa itu Halaman RPM

RPM merupakan kepanjangan dari Revenue Per Mille yang berarti pendapatannya Per 1000 Impresi. Hal tersebut ditentukan dengan mengkalikan jumlah klik dan biaya CPC, lalu membaginya dengan jumlah Halaman yang dilihat, guys.

Baca Juga : 8 Tips Alternatif Google Adsense Terbaik 2020

Kesimpulan

Nah itulah, Cara Pasang Iklan AdSense di Blog WordPress, Semoga artikel kali ini menjadi manfaat untuk kalian semua. Dan membantu kalian dalam pemasangan iklan AdSense di blog kalian, Serta jangan lupa untuk membagikan artikel ini dan berkomentar, Terimakasih.