Artikel, Bisnis Online, Tutorial, Wordpress

Cara Riset Keyword Dengan Menggunakan Ubersuggest

Cara Riset Keyword Dengan Menggunakan Ubersuggest – Di artikel kali ini , saya akan memberikan dan membahas bagaimana cara melakukan riset keyword menggunakan tools gratis dan mudah, yaitu Ubersuggest. Jadi, ada kalanya hal baru dari Ubersuggest ini yang tentunya tidak ingin kalian lewatkan bukan ?. Fitur baru dari Ubersuggest juga bisa membantu Trafik kalian, guys.

Sebelum kita masuk ke topik cara riset keyword dengan Ubersuggest, kalian harus tahu pentingya riset keyword. Di dunia digital marketing sendiri, SEO sudah dikenal sebagai salah satu penghasil traffic terbanyak yang dapat kalian terapkan.

Yang intinya dengan SEO yang baik kalian dapat mendapatkan trafik ke website kalian dari Google maupun mesin pencari lainnya.Orang yang berkunjung inilah yang kemudian dapat kalian pengeruhi untuk membeli produk atau jasa yang kalian tawarkan tersebut, guys.

Tapi jangan lupa, untuk mempraktikkan SEO tidak semudah yang membalikan tangan saja. Hal utama yang harus kalian lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan riset keyword atau kata kunci.

Baca Juga : Cara Daftar Google Adsense Blogger dan WordPress Terbaru

Jadi, Apa itu Cara Riset Keyword ?

Cara Riset keyword merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencari informasi terkait dengan kata kunci yang dapat kalian bidik untuk SEO. Informasi yang sudah di cari akan terkumpul berupa volume pencarian dan tingkat kompetisi banyak website, guys.

Tujuan kalian melakukan riset keyword adalah dengan menemukan kata kunci yang banyak dicari atau volume pencarian cukup tinggi dan mudah untuk masuk halaman pertama Google atau tingkat kompetisi rendah, guys.

Berikut ini sudah saya rangkum sedemikian rupa, Cara Riset Keyword dengan Ubersuggest.

Menanamkan Kata Kunci yang Sesuai dengan Artikel Website kalian

Kalian seharusnya sudah memiliki seed keyword sebelum menggunakan tools riset keyword contohnya seperti ubbersuggest.

Seed keyword adalah kata kunci yang umum dan sesuai dengan kategori blog kalian sendiri. Seed keyword dapat kalian bayangkan seperti topik umum tentang website kalian. Contohnya seperti saya sendiri “ Tutorial WordPress ”.

Tutorial WordPress dapat kalian tetapkan seed keyword yang umum dan sesuai dengan website kalian.

Kunjungi Website Ubersuggest

Jika kalian sudah menentukan seed keyword yang ingin kalian pakai, Sekarang saatnya kalian menggunakan ubersuggest.

Langkah pertama yang Anda lakukan adalah mengunjungi web neilpatel.com/ubersuggest.

Setelah itu, masukkan kata kunci dan ganti negara menjadi Indonesia. Lalu klik SEARCH atau tekan enter. Setelah sudah, Anda akan mendapat hasil riset keyword dari ubersuggest.

Search Volume yang menunjukkan perkiraan jumlah pencarian dalam satu bulan. Jika kalian sudah mencari sesuai dengan keywordnya, pastinya puluhan ribu karena itu buka keyword turunan.

SEO Difficulty merupakan perkiraan tingkat kompetisi untuk keyword yang kalian cari. Contohnya seperti ini, SEO difficulty tutorial wordpress kira – kira 48.

Baca Juga : Cara Setting WordPress SEO by Yoast Terbaru

Angka yang dikeluarkan cukup tinggi, jadi tingkat kompetisi untuk kata kunci tersebut bisa dibilang sangat sulit sehingga sebuah halaman website kalian akan kesulitan untuk dapat memasuki halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Saya merekomendasikan nilai dibawah 40 ini adalah kata kunci dapat dikatakan mudah kompetisinya, jadi kalian cari dengan tersebut.

Ubersuggest juga memberikan fitur perkiraan peluang apakah sebuah halaman website kalian dapat masuk 20 peringkat teratas atau tidak sama sekali, guys.

Ketiga, paid difficulty adalah tingkat kompetisi untuk iklan adwords google. Dengan angka yang tinggi menunjukkan persaingan itu sangat sulit.

Keempat, Cost Per Clik atau CPC merupakan biaya yang kalian keluarkan untuk tiap satu kali klik iklan kalian. Paid difficulty dan cost per click hanya bisa dipakai jika kalian ingin beriklan di Google Adwords.

Tips Alternatif Mendapatkan Keyword di Ubersuggest

Bukan hanya jumlahnya saja tetapi pencarian serta tingkat kompetisi juga harus kalian perhatikan. Kalian juga mendapatkan jenis keyword yang kalian ingin masukkan di Ubersuggest, Lho.

Caranya kalian tinggal mengklik menu “ Keyword Ideas “ di bagian sidebar sebelah kiri. Seteleah itu, kalian akan mendapat keyword sudah di rekomendasikan oleh Ubersuggest dengan volume pencarian dan tingkat kompetisi, guys.

Rekomendasi keyword tersebut yang kalian dapatkan bisa kalian pakai sebagai niche untuk membuat artikel atau landing page bisnis kalian masing – masing.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Domain Authority Pada Website ( DA )

Saat kalian mengklik setiap rekomendasi keyword, Ubersuggest akan menampilkan hasil pencarian Google tesebut.

Konten yang di tampilkan dapat kalian jadikan referensi untuk artikel kalian, tapi jangan copas dari artikel orang lain itu saran dari saya. Dan jangan lupa untuk melihat SD nya harus di bawah 40.

Untuk mempermudah kalian sortir keyword dengan nilai SDnya rata – rata di bawah 40, kalian dapat menggunakan fitur filter ini dengan mudah dan gratis, guys.

Caranya dengan mengklik icon slider di bagian sebelah kiri tulisan filter. Lalu, untuk menyortir keyword dengan tingkat competitor rata -rata di bawah 40, kalian tinggal mengetik 40 di bagian “ Max “ di SEO Difficulty.

Setelah itu, klik “ APPLY “ dan rekomendasi keyword kalian sudah terfilter, untuk SEO difficulty di rata – rata bawah 40. Kalian juga bisa menyalin keyword yang kalian bisa atau mengexport menjadi file CSV.

Caranya dengan mencentang semua keyword yang kalian inginkan, setelah itu, klik export to csv untuk mendownload file tersebut, guys.

Tapi yang lebih mudah adalah dengan “ Copy to Clipboard “ lalu kalian pastekan ke Microsoft Excel kalian.

Fitur dan Kegunaan Ubersuggest Lainnya

Kegunaan lain dari Ubersuggest tidak hanya mengenai mencari keyword saja tetapi memiliki pencarian tinggi dengan kompetisi rendah juga, guys.

Ubersuggest dapat kalian gunakan untuk menampilkan keyword yang dibidik oleh website lain atau pesaing kalian, guys.

Sama saja saat kalian melakukan riset keyword, kalian mengunjungi website terlebih duhulu neilpatel.com/ubersuggest . Lalu masukkan website kompetitor kalian di bagian kolom dimana kalian memasukkan keyword yang sebelumnya, guys.

Tampilan yang kalian bisa di tujukan informasi dasar mengenai pesaing kalian contohnya seperti banyaknya keyword yang berhasil di peringkat oleh pesaing kalian, dan banyaknya traffic yang mereka dapat dari mesin pencari, serta informasi lainnya juga.

Baca Juga : 8 Tips Alternatif Google Adsense Terbaik 2020

Tetapi informasi tersebut kalian kesampingkan terlebih dahulu. Tujuan kalian adalah melihat keyword yang berhasil d duduki oleh pesaing kalian. Kalian bisa mengklik menu “ Keywords “ di bagian sidebar sebelah kiri, guys.

Tampilan yang akan sama menyerupai rekomendasi keyword seperti yang saya jelaskan di atas.

Bedanya Ubersuggest juga memperkirakan rank website pesaing kalian, banyaknya traffic dari keyword tersebut, serta url link untuk setiap keyword.

Kalian dapat mendownload keyword yang kalian inginkan dengan cara mencentang semua keyword lalu klik export, guys.

Kalian dapat gunakan keyword yang kalian gunakan sebagai referensi untuk membuat konten atau niche artikel.

Baca Juga : 5 Tips Cara Membuat Feed Instagram Menarik untuk Jualan

Kesimpulan

Nah itulah, Cara Riset Keyword Dengan Menggunakan Ubersuggest. Artikel dan niche adalah sebuah konten yang berharga untuk sebuah website karena dapat mendatangkan traffic yang begitu banyak dengan melakukan riset keyword dengan benar.

Dan salah satu toolsnya yaitu ubersuggest yang bisa kalian gunakan secara gratis. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini serta berkomentar juga, Terimakasih.