Artikel, Gadget, Tips And Trik, Tutorial

Cara Setting Windows 10 dengan Mudah

Cara Setting Windows 10 dengan Mudah – Di artikel sebelumnya saya telah memberikan tutorial Cara menginstall Windows 10 dengan menggunakan Flashdisk dan di artikel kali ini saya akan membahas tutorial Cara Setting Windows 10 dengan Mudah.

Jika kalian sudah setting BIOS agar booting dengan menggunakan flashdisk, sekarang kalian akan melakukan instalasi dan menyetting windows 10. Berikut adalah langkah untuk menginstall windows 10 dengan mudah :

Baca Juga : 15 Template WordPress untuk Otomotif dan Dealer

Cara Setting Windows 10 Awal dengan Mudah

Jika kalian sudah melewati proses booting, kalian akan dihadapkan ke tampilan pengistalan dan menyetting windows 10, guys.

Yang pertama kalian lakukan adalah memilih Indonesian ( Indonesia ) pada bagian Time and currency formatnya, untuk opsi yang lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method diamkan saja default, tidak perlu diganti, guys.

Selanjutnya kalian pilih “ Install Now “.

Lalu klik atau centang “ I accept the license terms “, kemudian pilih “ Next “ untuk melanjutkan ke opsi berikutya.

Di bagian selanjutnya kalian, silakan pilih “ Custom : Install Windows only ( advanced ) “.

Langkah Partisi atau Pembagian Drive kalian

Contohnya seperti ini : kalian ingin melakukan install ulang maupun upgrade atau downgrade dari sistem operasi windows lama kalian ke windows 10, kalian cukup delete “ Drive 0 Partition 2 “ ( partisi C: ) dan Drive 0 Partition System Reserved, yang nantinya akan secara otomatis, kedua partisi yang kalian hapus tersebut menjadi “ Unallocated Space “ ( belum di tentukan di partisi ), guys.

Berikutya silakan kalian buat partisi baru lagi dan jadikan “ Drive 0 Partition 2 “ sebagai lokasi instalasinya, kemudian pilih “ Next “ untuk melanjutkannya. Nah dengan begitu, data pada partisi lain akan tetap aman dan tidak terhapus.

Baca Juga : Cara Pasang Iklan AdSense di Blog WordPress

Cara Upgrade dan Dowgrade Windows Dengan Mudah

Untuk kalian yang ingin install ulang maupun upgrade atau downgrade dari sistem operasi windows lama kalian ke windows 10, silakan lewati langkah partisi di atas . Dan Jika kalian yang HDD masih kosong atau yang belum pernah di install sistem operasi windows sebelumnya, di bawah ini saya akan jelaskan, guys.

Seperti yang kalian lihat di tampilan tersebut bahwa ruang HDD masih kosong alias Unallocated Space. Untuk itu, kalian perlu mempartisinya. Untuk jumlah partisinya, dapat menjadi 2 atau lebih, sesuai keinginan kalian.

Pertama, kalian silakan pilih “ Drive 0 Unallocated Space “ > “ New “, lalu tentukan ukuran partisi tersebut, kemudian pilih “ Apply “. Untuk Ukurannya sendiri jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit juga. Contohnya seperti ukuran HDD kalian 320 GB atau 500 GB, beri saja ukurannya 100 GB itu saja sudah cukup, sebab partisi yang pertama kali kalian buat tersebut merupakan partisi system ( partisi C: ), guys.

Lalu, pilih “ Yes “ untuk membuat System Reserved windows 10

Kemudian, silakan buat satu lagi atau lebih partisi lagi dengan cara yang sama seperti pada langkah di atas.

Selanjutnya pilih “ Drive 0 Partition 2 “ untuk lokasi instalasi. Catatan : Jangan di tempatkan di partisi lain, guys, kemudian pilih “ Next “.

Proses instalasi pun sedang berjalan. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 30 menit, tunggu saja sampai selesai. Saat proses tersebut sudah mencapai 100 %, kalian dapat mencabut flashdisk nya agar nanti tidak kembali ke tampilan awal instalasi.

Baca Juga : Tutorial Cara Install Corel Draw X7 di All Windows

Note :

Yang nantinya PC atau laptop kalian akan merestart sendiri secara berulang kali, jadi tidak perlu khawatir, karena hal ini sebagian dari proses instalasi windows 10 juga. Perlu di ingat, jika muncul tampilan hitam atau blank, pastikan kalian jangan menekan tombol apapun.

Berikutnya, kalian akan memilih bahasa sesuai lokasi kalian, di sini kalian memilih Indonesia.

Di bagian layout keyboard yang digunakan, pilih saja US.

Lalu, pilih “ Skip “ untuk opsi Second Layout.

Disini kalian menggunakan komputer atau laptop untuk keperluan pribadi atau sendiri, maka dari itu pilih “ Set up for personal use “ kemudian pilih “ Next “.

Selanjutnya kalian akan di suruh untuk login ke akun Microsoft kalian, saya rasa kalian tidak punya. Untuk dari itu, pilih “ Offline Account “.
Bila kalian dihadapkan pada tampilan berikuntya. Masukkan Nama komputer atau laptop kalian, lalu pilih “ Next “.

Jika kalian tidak ingin sembarang orang bisa mengakses komputer atau laptop kalian, maka silahkan beri “ Password “.Dan langsung pilih “ Next “.

Selanjutnya Pilih “ No “ untuk semua Opsi pengaturan privacy, lalu pilih “ Accept “. Dan Selamat kalian sudah berhasil melakukan instalasi windows 10 dengan mudah, guys.

Baca Juga : Cara Membuat Instagram Ads Lengkap 2020

Kesimpulan

Nah itulah Cara Setting Windows 10 dengan Mudah, bagaimana tutorial kali ini apakah membantu kalian atau tidak ?. Tolong berikan komentarnya di bawah ini, Semoga artikel kali ini memberikan manfaat untuk kalian semua dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini, Terimakasih.