Artikel

Pro Kontra Belajar Online ( E-Learning ) di Tahun 2020

Perlu di ketahui belajar online sangatlah membantu tetapi ada juga yang mengatakan bahwa belajar online sulit. Pendapat tersebut bisa dikemukakan dalm bentuk pro dan kontra, sebelum masuk ke topik Pro dan Kontra Belajar Online. Kita harus mengetahui apa itu pro dan kontra ?

Frasa ‘pro dan kontra’ adalah singkatan dari frasa Latin pro et contra, ‘untuk dan melawan’, di mana “pro” adalah untuk poin plus dan “kontra” adalah yang negatif. … Frasa ‘kelebihan dan kekurangan’ juga digunakan sebagai ganti ‘pro dan kontra’.

Sedangkan ada juga yang mengatakan bahwa Pro dan kontra dari sesuatu adalah kelebihan dan kekurangannya, yang kalian pertimbangkan dengan cermat sehingga kalian dapat membuat keputusan yang masuk akal.

Baca Juga : Apa itu Virus Corona ? dan Apa Saja Gejalanya

Dalam dunia pendidikan online menjadi semakin populer di kalangan siswa di seluruh dunia. Meskipun banyak orang menganggap gelar online sebagai bentuk pendidikan yang lebih rendah, mereka akan terkejut mengetahui bahwa studi terbaru yang dilakukan oleh SRI International (atas nama Departemen Pendidikan AS) menyimpulkan bahwa “rata-rata, siswa dalam kondisi pembelajaran online tampil lebih baik daripada mereka yang menerima instruksi tatap muka. ” Studi ini menggemakan sentimen banyak siswa, apakah mereka belajar bahasa Inggris, Ekonomi atau Teknik – sekarang saatnya untuk mulai menganggap serius pendidikan online.

Jadi apa pro dan kontra dari belajar online serta seberapa pentingnya ?

Pro : Peningkatan Fleksibilitas

Keuntungan terbesar untuk belajar online adalah peningkatan fleksibilitas. kalian dapat belajar kapan pun kalian mau, bagaimana kalian mau, di mana kalian mau. Ini tidak berarti bahwa beban kerjanya kurang untuk siswa yang belajar online, hanya saja mereka memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam kapan, bagaimana dan di mana mereka belajar. Fleksibilitas ini adalah alasan mengapa pendidikan online sangat populer di kalangan siswa usia dewasa yang memiliki komitmen lain, seperti pekerjaan atau anak-anak.

Kotra : Reputasi

Banyak perusahaan dan institusi dengan cepat mengabaikan pendidikan online. Jika dua kandidat diwawancarai yang persis sama dalam segala hal, kecuali satu yang belajar di universitas konvensional dan yang lainnya belajar online, dalam banyak kasus siswa yang belajar online akan ketinggalan.

Baca juga : Tips Dan Trik SEO Dalam Start Up ( Bisnis )

Tanda positifnya adalah banyak universitas tradisional, seperti Melbourne Business School, telah memperpanjang pendaftaran untuk siswa daring. Tetapi sampai pendidikan online menjadi lebih umum dan diterima di masyarakat, reputasi tetap merupakan kerugian yang pasti.

Pro : Kemudahan Akses

Yang kalian butuhkan untuk belajar online adalah komputer dengan akses internet. Semua bahan studi, kuliah, dan tugas kalian dikirimkan kepada kalian melalui email atau semacam sistem transfer file. Bahkan korespondensi kalian dengan dosen disadap, dengan email dan panggilan video via Skype banyak digunakan.

Kontra : Kurangnya Interaksi Sosial

Salah satu kelemahan terbesar dalam belajar online adalah kurangnya interaksi sosial. Ini sangat relevan untuk mahasiswa muda yang harus berteman dan bersenang-senang. Universitas penting untuk karier kalian sendiri, tetapi jangan lupa bahwa kalian akan bertemu teman-teman di luar sana yang akan bertahan seumur hidup.

Pro: Lebih Terjangkau

Mempelajari dodges online banyak peluru keuangan yang harus ditanggung oleh siswa reguler. Biaya transportasi dapat bertambah hingga ratusan per minggu, harga di kafetaria, kadang-kadang, menggelikan dan buku teks dapat membuat kalian kembali jutaan hingga miliyaran uang per semester. Siswa yang belajar online harus membayar biaya tahunan yang ditetapkan, dan hanya itu.

Kontra : Kursus Lebih Sedikit

Internet adalah fenomena yang muncul; masih dalam tahap awal perkembangannya dan karenanya seharusnya tidak mengherankan bahwa ada beberapa kekurangan pada pendidikan online. Kursus yang membutuhkan pengalaman langsung, seperti Neurologi atau Kimia, tidak cocok untuk pendidikan online.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan untuk belajar online. Dengan artikel ini, kalian semua akan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi apakah akan belajar melalui cara tradisional, atau belajar online.