Artikel, Bisnis Online, Tips And Trik, Tutorial

10 Teknik Copywriting Bisnis Online Terbaik

10 Teknik Copywriting Bisnis Online Terbaik – Sebuah teknik copywriting memang tidak kala habisnya untuk dibahas oleh semua pebisnis online. Bisnis dan juga strategi sama halnya tapi hasil dapat berbeda dengan teknik copywriting yang lebih mantap dan juga menarik. Dengan menggunakan sentuhan magic dari copywriting tersebut dapat manarik para pembeli untuk melakukan transaksi dengan kalian, guys.

Copywriting merupakan teknik untuk membuat tulisan atau caption yang menarik sehingga pembaca atau juga konsumer memberikan respon yang baik untuk produk kita.

Respon yang kita harapkan contohnya seperti melakukan pembelian, pendaftaran, submit email, menjawab pertanyaan, seputar poling, dan masih banyak lagi. Semakin menarik copywriting yang kalian buat maka akan semakin besar peluang yang akan kalian dapatkan, guys.
Copywriting juga sudah menjadi salah satu hal penting dalam berbisnis online saat ini, yang memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan dan memberikan penawaran produk kepada pembaca ataupun konsumen.

Dalam sistem jual beli online seperti yang ada di toko online, instagram, facebook, penjual dan pembeli tidak bisa bertemu secara langsung, sehingga digantikan dengan copywriting. Secara gampangnya copywriting ini menjadi salesman produk, tetapi dalam bentuk tulisan.

Baca Juga : Cara Mengatur Posisi Iklan AdSense di Tengah dengan Mudah

Mengapa Copywriting Sangat Penting untuk Bisnis Online ?

Jika kalian mengabaikan teknik copywriting berarti kalian membuang peluang 80 % dari waktu dan juga biaya yang sudah kalian keluarkan. Ada juga formula yang banyak copywriter pakai untuk dijadikan bahan dalam membuat copywriting yang menarik yaitu teknik AIDA copywriting, guys.

AIDA sendiri kepanjangan dari kata Attention ( Perhatian ), Interest ( Minat ), Desire ( Keinginan ) dan Action ( Tindakan ).

Teknik AIDA Copywriting

Banyak teknik Copywriting yang bisa digunakan oleh seorang copywriter mahir sekarang ini, semuanya itu tergantunng dari sebuah produk yang dijual dan juga target market yang sudah di tentukan. Menurut hasil survey cuma ada 8 dari 10 orang yang membaca judul dan juga 2 orang yang melanjutkan membaca hingga selesai.

Nah, dari 10 orang tersebut sudah dapat dipastikan 8 orang tidak akan membeli produk kalian. Tetapi bila kalian sudah menerapkan sebuah teknik copywriting yang tepat, dan hasilnya pasti akan berbeda dari sebelumnya, guys.

Baca Juga : Tips Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Tanpa Modal

Teknik Copywriting Bisnis Online

Bagi kalian yang sedang berbisnis online saat ini, kalian harus mempelajari lebih banyak lagi tentang copywriting yang baik dan juga benar. Di bawah sudah saya rangkum teknik copywriting bisnis online terbaik untuk meningkatkan penjualan atau omzet kalian.

Membuat Copywriting yang Lebih Panjang

Banyak orang yang beranggapan bahwa copywriting bisnis online sendiri dengan menggunakan kalimat yang lebih pendek, dan ternyata itu salah. Terbukti dengan copywriting lebih panjang mendatangkan sales yang lebih banyak. Tetapi kalian harus berhati – hati dalam membuat copywriting produk, jangan sampai pembeli kalian tidak tertarik sehingga meninggalkan produk yang sedang kalian jual dan juga beralih kepada pesaing kalian, guys.

Baca Juga : Cara Menurunkan Spam Score Pada Blog

Menggunakan Teknik Storytelling

Storytelling atau biasa disebut dengan bercerita. Kalian harus paham benar memberikan cerita yang menarik kepada pembeli agar lebih mudah diterima daripada berjualan secara langsung.

Dengan menggunakan cerita akan lebih mudah mengingat dan dapat membuat pembaca secara emosional terhubung dengan produk yang kalian tawarkan.

Hasil tersebut pasti efektif dan pembeli akan merasa lebih nyaman sehingga lebih mudah untuk mengikuti dan juga melakukan Call To Action ( CTA ) dalam pembelian produk.

Berbicara Kepada Pembaca

Sebelum melakukan tersebut, kalian harus riset terlebih dahulu tentang target market yang akan kalian sasarkan mulai dari usia, jenis kelamin, gaya bicara, pendidikan, dan masih banyak lagi, guys.

Jika kalian sudah menentukan hal tersebut, kalian tinggal membuat copywriting yang sesuai dengan pemikiran si pembaca, lalu buatlah copywriting seolah – olah kalian berbicara langsung kepada pembeli. Ada beberapa hal penting agar dapat nyambung dengan pembaca :

  • Menyesuaikan dengan bahasa target audiens
  • Menceritakan kisah kepada pembaca yang relevan
  • Memberikan solusi kepada audiens

Dengan memperhatikan 3 hal tersebut sudah dapat dipastikan kalian dapat menguasai pembeli. Contohnay saja seperti ini : “ Saya tahu bagaimana perasaannya jika pengiriman barang kalian sangat lama. Dan saya juga merasakan hal yang sama. Semua itu berubah saat saya menemukan layanan jasa antar paket murah, yaitu JNE.”

Baca Juga : Cara Membobol Password Wifi Tanpa Aplikasi di PC

Gunakan Data dan Stastika

Agar copywriting kalian bisa dipercaya oleh pembeli adalah dengan menampilkan data dan Stastika yang jelas.

Seoarang copywriter perlu memberikan data dan stastika yang relevan dan juga sumber yang terpercaya. Dengan menggunakan copywriting model seperti ini akan meningkatkan kepercayaan untuk meningkatkan konversi penjualan kalian, guys.

Aturlah Penempatan Konten

Penempatan konten juga hal yang tidak boleh mengasal. Untuk mendukung teknik copywriting yang menarik sehingga dapat menaikan penjualan atau omzet bisnis kalian, maka kalian perlu mengatur penempatan konten yang lebih baik. Di bawah ini beberapa penempatan konten pada copywriting yang tepat :

  • Membuat judul yang menarik perhatian
  • Menggunakan daftar bullet atau numbering
  • Memberikan keterangan yang lengkap
  • Memberikan link atau video yang relevan
  • Menambahkan gambar dengan resolusi baik
  • Sorot pada bagian yang penting
  • Gunakan button Call To Action ( CTA )

Baca Juga : Cara Screenshot di PC Windows dengan Cepat dan Mudah

Memberikan Pertanyaan dengan Jawaban

Kalian harus melakukan riset tentang masalah yang sering dihadapi oleh konsumer lalu baru membuat serangkaian pertanyaan dan jawabannya.

Kebanyakan Copywriter menggunakan Jawaban “ Ya “ dan “ Tidak “, semakin sering menjawah kata “ Ya “ maka akan semakin besar pula peluang untuk membeli produk dari bisnis yang kalian jual. Contohnya saja seperti pertanyaan untuk produk Hosting dan Domain :

  1. Apakah kalian sering Menulis Artikel ?
  2. Apakah Website kalian lambat ?
  3. Apakah kalian ingin mempunyai toko online ?
  4. Berikan Manfaat bukan Fitur

Seorang copywriter masih sering menonjolkan fitur daripada manfaatnya. Konsumen yang tertarik kepada produk yang kalian miliki adalah karena manfaatnya bukan fitur, guys.

Jelaskan dahulu semua manfaat yang akan diberikan lalu kalian menjelaskan fitur yang akan didapatkan oleh si konsumen, guys.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 10 Secara Permanen dan Mudah

Berikan Testimonial Pelanggan

Testimoni dari pelanggan harus kalian tampilkan untuk meyakinkan kepada calon konsumen. Kecenderungan pembeli adalah membeli saat sudah ada yang terlebih dahulu membeli. Jadi setiap produk yang kalian jual perlu meminta testimoni kepada pembeli kalian, Tujuannya agar salah satu pendukung teknik copywriting untuk bisnis online kalian.

Dengan begitu, hasil testimoni yang masuk juga dapat kalian gunakan sebagai bahan simpulan atau evaluasi tentang kekurangan dari produk dan layanan yang kalian berikan kepada consumer, guys.

Berikanlah Bonus kepada Pelanggan

Dengan memberikan bonus kepada konsumen akan lebih meningkatkan penjualan produk bisnis online kalian. Hal tersebut dapat menjadi salah satu pembeda dari pesaing bisnis kalian, berikan bonus lebih kepada produk yang kalian jual. Ada 2 hal penting dalam pemberian bonus yang harus kalian ketahui :

  • Bonus tersebut haruslah berisi sesuatu yang bermanfaat dan ada kaitannya dengan produk yang kalian jual.
  • Bonus harus sesuatu yang special dan juga tidak mudah diperoleh.

Gunakan Call To Action yang Persuasif

Bila semua teknik copywriting bisnis diatas sudah kalian lakukan dengan benar, maka hal yang terakhir adalah melakukan Call To Action ( CTA ) untuk mengajak pembeli kalian melakukan tindakan transaksi pembelian, guys.

Baca Juga : Cara Setting Windows 10 dengan Mudah

Kesimpulan

Nah Itulah artikel mengenai 10 teknik copywriting bisnis online terbaik untuk meningkatkan penjualan atau omzet. Jika ada tambahan dari kalian tentang teknik copywriting terbaru silahkan berkomentarlah dibawah ini, Terima kasih.